Malang Raya (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, Jawa Timur, menetapkan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Nurochman-Heli Suyanto nomor urut 1, Firhando Gumelar-Rudi nomor urut 2, dan Krisdayanti-Kresna Dewanata Phrosakh nomor urut 3.
 
Penetapan nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu melalui rapat pleno terbuka yang diselenggarakan oleh KPU setempat, Senin Malam.
 
"Menetapkan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu nomor urut 1 Nurochman-Heli Suyanto, nomor urut 2 Firhando Gumelar-Rudi, dan nomor urut 3 Krisdayanti-Kresna Dewanata Prosakh," kata Ketua KPU Kota Batu Heru Joko Purwanto di Kota Batu.
 
Dia menyatakan bahwa nomor urut pasangan calon wali kota dan wakil wali kota berlaku sejak ditetapkan per hari ini. Tahapan penetapan itu juga berdasarkan regulasi atau aturan yang berlaku dari lembaga penyelenggaraan pemilu.
 
"Senin, 23 September 2024 di Kota Batu, KPU Kota Batu telah menetapkan nomor urut pasangan wali kota dan wakil wali kota berdasarkan Pasal 121 Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2024, tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota," ucapnya.
 
Pada kesempatan itu, seluruh pasangan calon wali kota dan wakil wali kota kompak menyuarakan Pilkada 2024 berjalan secara damai dan aman, sehingga pelaksanaan kontestasi politik tidak mengganggu segala sendi kehidupan masyarakat Kota Batu.

Baca juga: KPU tetapkan 3 pasangan calon Pilkada Kota Batu 2024, termasuk KD

Baca juga: Krisdayanti-Kresna diarak ratusan simpatisan saat daftar ke KPU Batu

Baca juga: Pengamat: Krisdayanti tak bisa hanya andalkan popularitas di Pilkada
 
Polres Kota Batu juga menyerahkan pengawal pribadi (walpri) bagi ketiga pasangan tersebut.
 
Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, Jawa Timur menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sebanyak 166.942 orang, terdiri dari 82.775 pemilih pria dan 84.167 pemilih wanita.
 
Ratusan ribu DPT untuk Pilkada 2024, baik tingkat Kota Batu maupun Provinsi Jawa Timur tersebar di tiga wilayah kecamatan di Kota Batu, yakni Batu, Bumiaji, dan Junrejo dengan total 302 tempat pemungutan suara (TPS).
 
Jumlah DPT pilkada mengalami peningkatan 2.426 jiwa, sebab pada Pemilu Legislatif dan Presiden 2024 jumlah pemilih yang tercatat resmi oleh KPU Kota Batu sebanyak 164.516 jiwa.
 
Pelaksanaan pemungutan suara Pilkada 2024 berlangsung pada 27 November dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara, pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024