YMHC PKJN RSMM berkomitmen berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan guna menciptakan suasana sehat fisik dan mental bagi para remaja
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Pusat Kesehatan Jiwa Nasional (PKJN) Rumah Sakit Marzoeki Mahdi (RSMM) Dr. dr Nova Riyanti Yusuf, Sp.KJ mengatakan mental yang sehat dapat membantu remaja dalam berinovasi dan berpikir kritis.

“Kesehatan mental remaja sangat penting, karena dapat membantu remaja dalam berinovasi, berpikir kritis dan memanfaatkan peluang yang ada termasuk dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Nova dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Baca juga: Menkes: Mengubah narasi tentang bunuh diri bisa selamatkan banyak jiwa

Nova menjelaskan, pihaknya RS baru saja melakukan peluncuran program Youth Mental Health Center (YMHC) sebagai upaya memberikan dukungan yang komprehensif dan holistik bagi kesehatan remaja. Program unggulan YMHC, yaitu konseling, terapi, dan dukungan kelompok, edukasi kesehatan mental termasuk pelatihan kecakapan hidup, terapi musik seperti angklung, sport therapy, layanan holistik seperti penjajakan sound healing, meditasi, yoga, pencegahan perundungan dan pencegahan bunuh diri.

YMHC PKJN RSMM berkomitmen berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan guna menciptakan suasana sehat fisik dan mental bagi para remaja.

“Saat ini juga kami menggandeng Inorga Federasi Airsoftgun Indonesia untuk menjadikan olah raga ini sebagai upaya menjaga kesehatan fisik dan mental, dan membangun mental generasi muda yang lebih tangguh. PKJN RSMM sebagai Koordinator Nasional Pengampuan 269 rumah sakit jejaring pengampuan keesheatan jiwa, maka PKJN RSMM harus memperjuangkan employment juga Job Club bagi pasien-pasien kami yang kondisinya sudah stabil,” terang dia lagi.

Baca juga: AAJI soroti lonjakan klaim kesehatan yang bebani pelaku asuransi jiwa

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, juga mendukung PKJN RSMM dengan seluruh fasilitasnya seperti Heritage Golf Field menjadi wadah berhimpun untuk Sports Tourism, Youth Mental Health Center, pelaksanaan program ekonomi kreatif (diantaranya musik, lukis), dan Wellness .

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan kegiatan MiCE to Meet You : Dialog Road to Festival Karya Musik Anak Komunitas 2024 yang diselenggarakan di RSMM Heritage Golf Field Bogor, pada Ahad (22/9/2023). Kegiatan itu bertujuan untuk berbagi wawasan dan mendiskusikan kondisi, tantangan komunitas musik saat ini, upaya hilirisasi dan proses distribusi karya, serta untuk menciptakan peluang kolaborasi di masa mendatang yang sekaligus menjadi sarana bagi komunitas musik agar dapat memiliki wadah berkelanjutan melalui kegiatan Festival Karya Musik Anak Komunitas.

Baca juga: 20 calon DPRK Teluk Wondama jalani pemeriksaan kesehatan jiwa

Pewarta: Indriani
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024