pendidikan sekolah gratis sangat dibutuhkan masyarakat terutama yang berasal dari keluarga dengan ekonomi rendah
Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta periode 2024-2029, Basri Baco berjanji akan mengawal kebijakan yang pernah diwariskan dari periode sebelumnya, yakni pendidikan gratis.

"Sekolah gratis menjadi agenda penting yang harus ditunaikan pada 2025 mendatang.  Kami sudah mengeluarkan rekomendasi dan eksekutif sudah menyetujuinya," kata Basri Baco dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca juga: Khoirudin diusulkan jadi Ketua DPRD DKI Jakarta

Saat menjadi Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024, Baco bersama sejumlah kolega dari Komisi telah merekomendasikan eksekutif agar menerapkan program pendidikan gratis di sekolah swasta.

Baco mengatakan pendidikan sekolah gratis sangat dibutuhkan masyarakat terutama yang berasal dari keluarga dengan ekonomi rendah.

Dengan pendidikan itu, kata dia, peluang mereka mendapat pekerjaan jauh lebih besar sehingga perekonomian mereka bisa berangsur naik.

Baca juga: Ali Muhammad Johan resmi ditunjuk jadi ketua FPD DPRD DKI 2024-2029

"Untuk meningkatkan kualitas hidup dan ekonomi masyarakat, pendidikan adalah kuncinya. Program sekolah gratis ini adalah langkah konkret untuk mencapai tujuan tersebut," paparnya.

Selain itu, dia juga berjanji akan mengadvokasi kepentingan masyarakat lainnya di bidang kesehatan. Selama menjadi anggota dewan di bidang Kesra, dia menyoroti layanan kesehatan yang diberikan Pemerintah DKI lewat Puskesmas maupun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

"Peningkatan fasilitas kesehatan di semua puskesmas dan RSUD sangat penting bagi rakyat Jakarta. Jangan ada lagi warga Jakarta yang kesulitan mengakses layanan kesehatan, jangan ada lagi warga Jakarta yang terlantar untuk mendapatkan layanan kesehatan," kata dia.

Setelah dilantik menjadi Wakil Ketua DPRD DKI definitif, Baco juga akan mendorong penyelesaian sertifikasi tanah milik warga yang statusnya tidak jelas.

Menurut dia, negara wajib memberikan kepastian kepada warganya dalam hal legalitas kepemilikan aset.

"Penyelesaian sertifikasi tanah harus diselesaikan, agar warga yang mendiaminya selama puluhan tahun bisa mendapatkan sertifikat," ujarnya.

Baca juga: Anggota DPRD DKI apresiasi prestasi atlet Jakarta di PON Aceh-Sumut

DPRD DKI Jakarta telah mengumumkan lima calon pimpinan DPRD DKI Jakarta periode 2024-2029 dalam rapat paripurna pada Senin (23/9/2024).

Mereka adalah Khoirudin sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta dari PKS; Ima Mahdiah Wakil Ketua DPRD DKI dari PDIP; Rani Mauliani jadi Wakil Ketua DPRD DKI dari Partai Gerindra.

Kemudian Wibi Andrino sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Partai NasDem dan Basri Baco sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Partai Golkar.

Nanti dalam rapat paripurna selanjutnya, mereka akan dilantik menjadi Pimpinan DPRD DKI Jakarta definitif periode 2024-2029.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024