Mataram (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat menyiapkan sebanyak 150 tenaga medis untuk ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, pada 27-29 September 2024.

"Kami siapkan ada 150 tenaga medis. Itu mulai dokter dan perawat," kata Direktur RSUD Provinsi NTB, dr Lalu Herman Mahaputra di Mataram, Senin.

Ia mengatakan para medis yang ditugaskan di ajang MotoGP ini di bagi di ring satu dan ring dua.

Untuk ring satu bertugas di medical center yang berlokasi di dalam areal Sirkuit Mandalika. Sedangkan, di ring dua ditugaskan di RSUD Provinsi.

Baca juga: Dinkes Mataram siagakan layanan puskesmas 24 jam sukseskan MotoGP

Baca juga: ITDC bentuk Satgas Evakuasi MotoGP 2024, siapkan 320 personel


"Untuk tenaga medis yang bertugas di ring satu ini 50 orang, selebihnya di rumah sakit," ujarnya.

Khusus tenaga dokter ini terdiri dari sejumlah dokter spesialis, seperti dokter spesialis emergency atau kedaruratan, ortopedi, bedah saraf, bedah umum, radiologi, ICU dan anestesi.

Selain tenaga medis, pihaknya juga menyiapkan sejumlah fasilitas atau peralatan untuk mendukung kelancaran, seperti dua helikopter, dan 10 ambulans.

"Kalau untuk ambulans ini kita siapkan dari rumah sakit terdekat, ada dari Rumah Sakit Mandalika, Rumah Sakit Praya, dan Rumah Sakit Tripat. Jadi semua rumah sakit siap membantu," kata dokter Jack, sapaan akrabnya.

Menurut dokter Jack, secara penanganan tidak akan berbeda. Tetap sama saat MotoGP sebelumnya. Begitu juga dengan peralatan rumah sakit juga sudah sangat memadai.

"Yang jelas secara kesiapan kami semua sudah siap untuk mendukung MotoGP," katanya.*

Baca juga: Layanan penukaran tiket ajang MotoGP Indonesia mulai dibuka

Baca juga: Klasemen MotoGP 2024: Martin menjauh dari Bagnaia

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024