Jakarta (ANTARA) - Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung Deklarasi Belem (Belém Declaration) yang merupakan hasil kesepakatan para Menteri dan Perwakilan Menteri Pariwisata G20 dalam "G20 Tourism Ministerial Meeting" yang berlangsung di Brasil.

Hal ini merupakan bentuk komitmen Indonesia dalam memajukan pariwisata dunia serta mencapai 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals-SDGs) yang menjadi tema utama dari pertemuan para Menteri Pariwisata G20 dan fokus dalam Belém Declaration.

Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Martini M Paham dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, mengatakan guna mengakselerasi pencapaian SDGs, pariwisata juga membutuhkan sektor lain, khususnya budaya dan ekonomi, hal ini disebabkan karena SDGs tidak hanya memperhatikan lingkungan, namun juga dimensi ekonomi dan sosial.

“Dukungan terhadap Belém Declaration menjadi krusial bagi anggota G20 dan masyarakat internasional untuk menunjukkan komitmen para pemimpin dunia dalam memajukan sektor pariwisata secara berkelanjutan dan seimbang,” kata Martini.

Belém Declaration merupakan dokumen utama yang dihasilkan dari empat kali pertemuan "G20 Tourism Working Group" di berbagai kota di Brasil sepanjang tahun 2024, yang dimulai dengan pertemuan secara daring dan luring di Brasília serta Rio de Janeiro, dan yang terakhir di Belém, Brasil.

Adapun enam poin utama dalam Belém Declaration yang dibahas pada G20 Tourism Working Group, yaitu pariwisata dan keberlanjutan; G20 Tourism Dashboard, pengembangan sumber daya manusia; usaha mikro, kecil, dan menengah sektor pariwisata dan manajemen destinasi; investasi pariwisata berkelanjutan; dan kerja sama dan aksi nyata untuk masa depan.

Poin-poin tersebut juga sejalan dengan lima pilar dokumen Presidensi Indonesia Tahun 2022, G20 Bali Guidelines.

Ia mengatakan, Indonesia memiliki berbagai program unggulan yang telah disampaikan kepada Presidensi Brasil dan UN Tourism, yakni terdapat enam program unggulan Indonesia yang dapat diakses masyarakat global melalui G20 Tourism Dashboard, di antaranya adalah panduan destinasi pariwisata berkelanjutan, sertifikasi desa wisata berkelanjutan, dan International Tourism Investment Forum.

Ia juga menyampaikan dalam G20 TMM, pentingnya untuk membahas lebih komprehensif terkait peran budaya dan ekonomi kreatif di sektor pariwisata dalam Presidensi G20 Afrika Selatan tahun depan.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno pun mengapresiasi kesepakatan dan komitmen serta prioritas para Menteri dan Perwakilan Menteri Pariwisata G20 yang tertuang dalam deklarasi Belém yang sejalan dengan semangat inovasi, adaptasi, dan kolaborasi yang selama ini diusung Kemenparekraf.

Baca juga: Kemenparekraf mendukung pengembangan industri musik komunitas
Baca juga: Menparekraf sebut Banyuwangi punya ekosistem terbaik di Nusantara
Baca juga: Kemenparekraf dan BUMN siap kolaborasi tingkatkan kualitas MotoGP

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024