Sejumlah pengunjung menikmati kopi Bajakah khas Tabalong di stan Tabalong pada ajang Kalsel Expo 2024 yang digelar di Lapangan Murjani, Banjarbaru
Banjarmasin (ANTARA) - Kepala Dinas Koperasi UKM Perindag Tabalong, Kalimantan Selatan Syam'ani mengatakan, kopi Bajakah menjadi salah satu produk yang menarik perhatian pengunjung stan Tabalong di ajang Kalsel Expo 2024.

Kopi khas Tabalong itu memberikan khasiat yang beragam untuk kesehatan sehingga menjadi daya tarik utama pengunjung di expo tersebut.

"Sejumlah pengunjung menikmati kopi Bajakah khas Tabalong di stan Tabalong pada ajang Kalsel Expo 2024 yang digelar di Lapangan Murjani, Banjarbaru," ucapnya di Banjarbaru, Senin.

Dia mengatakan kopi produksi Herbal Borneo atau Herbo Tabalong ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung

Apalagi, kopi Bajakah memiliki beragam khasiat untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga mengobati kolesterol dan asam urat.

Pemkab Tabalong berharap ke depannya produk UMKM ini semakin unggul dan berdaya saing, seiring dengan akan hadirnya rumah kemasan di kabupaten setempat.

“Dukungan ini dalam rangka meningkatkan daya saing produk UMKM, alhamdulillah di 2024 ini melalui dana pusat dari Kementerian Koperasi dan UKM, mendapatkan bantuan rumah kemasan,” ujar Kepala Diskop-UKM-Perindag Tabalong.

Di Kalsel Expo 2024, Tabalong memamerkan sekitar 75 produk hasil olahan UMKM lokal, mulai dari kopi, teh tradisional, batik Tabalong, pasak bumi, keripik olahan, cabai Tiung Tanjung, dan berbagai produk kesenian serta olahan lainnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung dari Banjarbaru Masliah menuturkan bahwa kopi Bajakah memiliki cita rasa yang khas namun tetap enak di lidah.

“Tadi saya mencoba kopi Bajakah. bagus banget rasanya dan bisa buat kolesterol, gula darah, dan juga asam urat. Kebetulan saya asam urat juga agak tinggi, mudah-mudahan dengan mencoba kopi ini bisa lebih normal asam uratnya,” ujar warga Banjarbaru itu.

Baca juga: Kalsel Expo 2024 raih omzet Rp12 miliar
Baca juga: Ratusan pelaku UMKM unggulan ikuti Kalsel Expo 2024
Baca juga: Dispar Kalsel mempromosikan Geopark Meratus usai diusung UNESCO Global

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024