Pertamina Gas berkomitmen untuk terus mendampingi masyarakat dalam mencapai kemandirian melalui program CSR yang berkelanjutan
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Gas (Pertagas), sebagai afiliasi Sub Holding Gas Pertamina, memborong 6 penghargaan internasional pada Asian Impacts Awards 2024 yang diselenggarakan oleh La Tofi School of CSR dan Portman Education di Selangor, Malaysia.

Corporate Secretary Pertamina Gas Muhammad Baron dalam keterangan di Jakarta, Senin menyampaikan terima kasih atas pengakuan internasional yang diberikan melalui penghargaan ini.

"Pertamina Gas berkomitmen untuk terus mendampingi masyarakat dalam mencapai kemandirian melalui program CSR yang berkelanjutan," ujarnya.

Ia pun menambahkan akan terus berupaya menciptakan dampak luas yang tidak hanya memenuhi kebutuhan masyarakat, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi yang layak.

"Kami percaya, dengan kolaborasi dan inisiatif yang tepat, kita dapat mewujudkan multiplier effect yang lebih luas bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional kami,” kata Baron.

Pertamina Gas sebagai perusahaan infrastruktur energi yang memiliki wilayah operasi di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Papua mencatatkan aset di sektor midstream hingga downstream dengan 62 ruas pipa sepanjang 2930 km, dua LPG Plant dengan kapasitas 1.130 ton per hari, terminal regasifikasi dengan kapasitas 400 BBtud dan LNG Hub kapasitas 127.000 M3 sebagai infrastruktur pendukung penyaluran energi di Indonesia.

Oleh karenanya, Baron juga menekankan komitmen Pertamina Gas dalam Tanggung Jawab Sosial Lingkungan yang menjadi bagian penting dari terwujudnya Social License to Operate (SLO) dalam operasional bisnis perusahaan.

"Melalui implementasi program CSR ini, kami mendapatkan legitimasi sosial dari masyarakat buffer zone kami" tambahnya.

Asian Impacts Awards merupakan ajang penghargaan kepada perusahaan-perusahaan di Asia yang telah menunjukkan dampak implementasi program yang signifikan. Penghargaan internasional tersebut diberikan sebagai pengakuan atas kontribusi Pertamina Gas dalam menginisiasi pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya melalui implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berkelanjutan.

Enam penghargaan yang diraih pada Asian Impacts Awards 2024 mencakup empat Penghargaan CSR Leading Impact. Di antaranya, Kategori Sosial mencakup Operation East Java Area (OEJA) dengan program Kidung Tanggulangin, yang berfokus pada pendampingan pasien ODGJ untuk memulihkan fungsi sosial mereka. Kemudian, Operation South Sumatera Area (OSSA) dengan program Pusaka Tani, yang berupaya mewujudkan sustainable living melalui pengelolaan sumber daya air di Desa Sidomulyo, Sumatera Selatan.

Selain itu di Kategori Lingkungan, diraih oleh Operation Kalimantan Area (OKA) dengan program Permata Borneo, yang merupakan pemberdayaan masyarakat tani berbasis hutan dan ekologi di Kalimantan dan Operation West Java Area (OWJA) dengan program Perkasa Bumi-Ku, yang menghadirkan inovasi lestari untuk menciptakan ketahanan pangan di wilayah pertanian pesisir Indramayu.

Sementara dua Penghargaan lainnya diraih oleh Corporate Secretary dan Manager Communication, Relations dan CSR Pertagas sebagai CSR Leader Impacts atas komitmennya dalam mendorong inisiatif serta menjalankan program – program CSR sehingga berdampak luas bagi masyarakat di sekitar wilayah operasinya.

CEO Portman College, Gym Chan sebagai penyelenggara acara, menyampaikan apresiasinya terhadap perusahaan-perusahaan di Asia yang berkomitmen penuh terhadap implementasi program CSR sebagai wujud Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.

Baca juga: Pertagas memperoleh tiga penghargaan TJSL & CSR Award 2024
Baca juga: Pertagas peroleh 6 penghargaan program CSR berkelanjutan
Baca juga: Pertagas meraih 5 penghargaan CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan

 

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024