Jakarta (ANTARA) - Ikan oarfish (Regalecus glesne) adalah salah satu spesies laut dalam yang jarang terlihat dan seringkali dikaitkan dengan mitos serta misteri. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang panjang dan pipih seperti pita, membuatnya berbeda dari kebanyakan spesies ikan lainnya.

Ikan oarfish memiliki tubuh panjang yang menyerupai pita, spesies ini juga memiliki mata besar dan duri merah yang menonjol membentuk mahkota. Oarfish dapat tumbuh hingga mencapai panjang lebih dari 11 meter, menjadikannya ikan bertulang terpanjang di dunia.

Secara ekologis, oarfish memakan plankton serta organisme kecil lainnya. Meskipun berukuran besar, ikan ini tidak membahayakan manusia. Berdasarkan anatomi, oarfish memiliki sirip punggung yang memanjang dari atas mata besar hingga sepanjang tubuh. Dari sekitar 400 sirip, 10-13 sirip pertama membentuk jambul merah.

Baca juga: Misinformasi! Kemunculan Oarfish pertanda datangnya bencana

Sirip perutnya juga memanjang dengan hiasan serupa. Mulutnya kecil dan menonjol tanpa gigi, serta tubuhnya tanpa sisik, dilapisi kulit keperakan yang mudah terkikis. Oarfish tidak memiliki kantung gas, dengan jumlah sisir insang yang bervariasi, dan tubuhnya dihiasi garis-garis biru hingga hitam serta bintik-bintik gelap.

Ikan oarfish dikenal sebagai penghuni laut dalam, oarfish biasanya ditemukan di kedalaman 200 hingga 1.000 meter di bawah permukaan laut. Meski hidup di habitat yang sangat dalam, ikan ini kadang-kadang ditemukan terdampar di pantai, terutama setelah gempa bumi atau badai besar.

Kemunculan oarfish di beberapa budaya diyakini sebagai tanda bencana alam, seperti gempa bumi, dan dianggap sebagai peringatan dari kekuatan yang lebih tinggi. Berbagai laporan berita mencatat bahwa sebelum gempa dahsyat di Jepang pada 2011, sebanyak 20 oarfish ditemukan terdampar di pantai.

Walaupun mitos tentang ikan oarfish masih dipercaya oleh sebagian masyarakat, para ilmuwan terus berusaha menguak rahasia ikan ini serta perannya dalam ekosistem laut dalam. Hingga kini, belum ada bukti ilmiah yang mengaitkan kemunculan oarfish dengan prediksi bencana seperti gempa atau tsunami.

Baca juga: BMKG bantah munculnya oarfish di Selayar pertanda gempa dan tsunami

Baca juga: Ciri-ciri ikan oarfish, berikut gambarnya

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024