Pembangunan smelter PT Freeport Indonesia ini merupakan usaha kita untuk menyongsong Indonesia menjadi negara industri maju yang mengolah sumber daya alamnya sendiri dan tidak mengekspor sekali lagi mentahan atau raw material
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pembangunan smelter milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kabupaten Gresik, Jawa Timur merupakan usaha Indonesia untuk menjadi negara industri maju.

"Pembangunan smelter PT Freeport Indonesia ini merupakan usaha kita untuk menyongsong Indonesia menjadi negara industri maju yang mengolah sumber daya alamnya sendiri dan tidak mengekspor sekali lagi mentahan atau raw material," ucap Presiden dalam sambutannya saat peresmian produksi smelter PTFI di Kabupaten Gresik, Jatim, Senin disaksikan melalui tayangan langsung YouTube Sekretariat Presiden dari Jakarta.

Presiden juga menekankan bahwa pembangunan smelter PTFI di Gresik tersebut merupakan bagian dari program hilirisasi yang dicanangkan pemerintah untuk memberikan nilai tambah terhadap penghasilan negara.

"Tadi sudah disampaikan oleh Pak Dirut (Dirut PTFI Tony Wenas) dan ini merupakan pelaksanaan dari gagasan yang sering kita sampaikan mengenai hilirisasi," ucap Presiden.

Kepala negara mengatakan program hilirisasi merupakan pondasi ekonomi baru Indonesia yang tidak bertumpu kepada konsumsi domestik.

"Karena GDP growth kita bertumpu pada konsumsi domestik tetapi kita ingin beralih GDP growth kita bertumpu pada produksi, produktivitas dari perusahaan-perusahaan baik BUMN maupun swasta," kata Jokowi.

Pabrik smelter PT Freeport Indonesia di Gresik merupakan bagian dari pendukung program hilirisasi industri sumber daya mineral di Indonesia.

Berdasarkan izin usaha pertambangan khusus, operasional smelter kedua yang dimiliki PT Freeport Indonesia ini menjadikan sumber daya mineral dapat dikelola sepenuhnya dari hulu hingga hilir di dalam negeri.

Smelter ini merupakan fasilitas pemurnian tembaga dengan desain jalur tinggal terbesar di dunia. Smelter dilengkapi dengan fasilitas utama berupa pabrik peleburan dan pemurnian tembaga dengan unit pemurnian logam mulia serta berbagai fasilitas pendukung.

Fasilitas pendukung berupa pelabuhan, gudang konsentrat, slag treatment, steam dryer, pabrik oksigen, pengolahan asam sulfat, desalinasi, instalasi pengolahan air limbah dan air permukaan.

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan smelter Freeport Indonesia di Gresik
Baca juga: Presiden Jokowi resmikan smelter tembaga AMNT
Baca juga: Jokowi berharap smelter tembaga dongkrak pertumbuhan ekonomi

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024