Pontianak (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Barat Windy Prihastari, menargetkan Festival Pesona Kulminasi Matahari di Tugu Khatulistiwa, Pontianak untuk masuk dalam Kalender Event Nasional (KEN) pada tahun 2025.

"Event Pesona Kulminasi ini menjadi kebanggaan Kalimantan Barat. Kami berharap festival ini terpilih sebagai salah satu event nasional pada tahun 2025, mengingat potensi besar yang dimilikinya dalam menarik wisatawan," kata Windy di Pontianak, Senin.

Dia mengatakan, fenomena kulminasi matahari yang terjadi tepat pukul 11.35 WIB ini selalu menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya.

Pada momen tersebut, matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa, menyebabkan bayangan benda menghilang sejenak. Para pengunjung berlomba mendirikan telur sebagai tradisi perayaan kulminasi, dengan banyak di antara mereka berhasil mendirikannya dalam waktu singkat.

Kemeriahan acara semakin bertambah dengan berbagai pertunjukan pendukung, termasuk tarian tradisional, marching band pelajar, atraksi barongsai, hingga pagelaran busana. Event ini telah menjadi bagian dari kalender wisata tahunan Kalimantan Barat dan selalu diantisipasi oleh masyarakat lokal maupun wisatawan.

Windy menambahkan bahwa event ini akan dipersiapkan lebih matang dengan dukungan dari berbagai sektor agar semakin layak masuk dalam Kalender Event Nusantara pada 2025.

"Dukungan anggaran dan kolaborasi dengan berbagai pihak diperlukan untuk meningkatkan kualitas acara ini. Kami optimis Pesona Kulminasi Matahari bisa semakin dikenal dan bersaing dengan event-event besar lainnya di Indonesia," tuturnya.

Dalam laporannya, Windy juga mengungkapkan optimisme Pemprov Kalbar terhadap pertumbuhan sektor pariwisata, dengan kenaikan jumlah wisatawan yang mencapai 77 persen hingga pertengahan tahun 2024.

"Kami menargetkan 6 juta wisatawan hingga akhir tahun 2024, dan event seperti Pesona Kulminasi Matahari ini akan menjadi salah satu magnet utama untuk mencapainya," ungkap Windy.

Baca juga: Atraksi berdirikan telur dan hilang bayangan pesona Tugu Khatulistiwa
Baca juga: Menparekraf: Perayaan kulminasi matahari bisa picu pariwisata Pasaman
Baca juga: Kulminasi Matahari 2024 memberi ruang ekonomi kreatif berkreasi

 

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024