Jakarta (ANTARA) - Pelecehan seksual bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk dalam pergaulan sehari-hari.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menghindari pelecehan seksual dan menjaga keselamatan diri. Berikut beberapa cara yang bisa membantu, merangkum dari berbagai sumber:

1. Hindari situasi berbahaya Pelecehan seksual bisa terjadi dalam situasi apa pun dan bukan kesalahan Anda. Namun, Anda dapat mengurangi risiko menjadi korban dengan menghindari alkohol serta obat-obatan yang berbahaya ketika berpergian dengan teman-teman Anda.

Baca juga: KAI Commuter beri pendampingan korban pelecehan di kereta

2. Komunikasikan batasan dengan jelas

Jika seseorang di dalam lingkup pergaulan Anda mulai membuat merasa tidak nyaman atau melanggar batasan yang Anda sudah tetapkan, sampaikan lah ketidaknyamanan itu dengan tegas dan cepat.

Apabila penyampaian yang Anda lakukan dengan sopan diabaikan dan orang tersebut tidak menghormati keinginan Anda segera tinggalkan situasi itu. Jangan beri kesempatan kepada seseorang untuk melanggar batasan Anda.

3. Bersikap tegas

Sering kali, sikap pasif bisa disalah artikan sebagai bentuk persetujuan walaupun sebenarnya Anda tidak bermaksud demikian.

Apabila terjadi tekanan seksual dari orang lain yang membuat Anda terganggu, cobalah untuk bersikap tegas dan sampaikan rasa ketidaknyamanan Anda.

4. Percayai naluri Anda

Jika Anda merasa seseorang sedang melakukan pelecehan seksual kepada Anda, kemungkinan besar Anda memang sedang mengalami hal tersebut.

Apabila Anda merasa tidak nyaman atau terancam di dekat teman atau pasangan, segera tinggalkan situasi tersebut. Jika ternyata Anda salah memahami sinyal, Anda selalu bisa menjelaskannya nanti.

Baca juga: Psikolog berikan kiat edukasi anak untuk cegah pelecehan seksual

5. Bela diri secara fisik jika perlu

Terkadang kata-kata saja tidak cukup, terutama jika orang tersebut tidak mau mendengarkan penolakan Anda. Jika Anda merasa diserang dan penolakan yang Anda ucapkan tetap diabaikan, Anda berhak untuk membela diri.

Dorong orang tersebut dan teriakkan “Tidak!” dengan tegas, dan katakan bahwa perilaku mereka tidak bisa diterima.

Apabila Anda menyaksikan tindakan pelecehan seksual di dalam lingkaran pergaulan dan Anda memutuskan untuk turun tangan dan membantu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan namun dengan tetap memperhatikan keselamatan diri Anda. Cobalah untuk melakukan beberapa hal berikut:

1. Alihkan perhatian

Jika Anda melihat teman Anda sedang dilecehkan, cobalah untuk menciptakan situasi yang bisa mengalihkan perhatian dari tindakan tersebut. Hal itu bisa membuat pelaku merasa ada orang lain yang menyadari tindakannya.

Pastikan Anda tidak membahayakan diri sendiri saat melakukannya. Jika pelaku terlihat bisa berpotensi melukai dan menjadi agresif, sebaiknya hindari menarik perhatian mereka.

Baca juga: Penjelasan mengenai pelecehan seksual dan hukum pidananya

2. Bertanya secara langsung

Ajak bicara orang yang sedang dilecehkan. Jika teman Anda mengalami pelecehan Anda bisa menawarkan diri untuk menemani mereka setiap kali harus bertemu dengan pelaku.

3. Arahkan ke pihak berwenang

Cara paling aman untuk membantu adalah dengan melibatkan pihak berwenang. Anda bisa berbicara dengan petugas keamanan atau pengelola tempat di tempat Anda sedang berada.

4. Libatkan orang lain

Jika Anda khawatir tentang keselamatan diri sendiri atau merasa tidak cukup kuat untuk membantu. Ajaklah teman atau orang lain untuk bergabung sehingga Anda tidak sendirian dalam menghadapi situasi tersebut.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah pelecehan seksual. Namun jika Anda sudah melakukan langkah pencegahan dan masih mengalami pelecehan, ingatlah bahwa hal itu bukan kesalahan Anda. Setiap orang berhak merasa aman dan dihormati, dan tindakan pelecehan selalu merupakan tanggung jawab dan kesalahan pelaku, bukan korban.

Baca juga: Bentuk-bentuk pelecehan seksual: verbal dan nonverbal

Baca juga: Pelecehan dan kekerasan seksual apa bedanya?

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024