Jakarta (ANTARA) - Pelatih baru timnas Australia, Tony Popovic, menegaskan pada Senin bahwa masih ada banyak waktu untuk menyelamatkan Socceroos agar dapat lolos ke Piala Dunia 2026, setelah ia ditunjuk untuk mengisi posisi tersebut.

Mantan bek Crystal Palace itu menggantikan Graham Arnold yang mengundurkan diri pada Jumat (20/9), setelah timnya menelan kekalahan 0-1 dari Bahrain dan kemudian ditahan imbang tanpa gol oleh Indonesia.

Kekalahan itu menyulitkan perjuangan timnas Australia untuk dapat lolos ke Piala Dunia 2026. Mereka kini harus memenangi pertandingan kandang melawan China pada 10 Oktober, sebelum  bertandang ke markas Jepang.

Baca juga: Graham mundur usai diimbangi Indonesia, Australia cari pelatih baru

Australia perlu finis di dua posisi teratas dalam grup yang berisi enam tim untuk memastikan tiket ke Piala dunia 2026 di Amerika Utara, atau mereka harus memainkan satu putaran kualifikasi lagi.

“Perjalanan ini tidak dimulai dengan cara terbaik, tetapi saya tahu masih ada waktu, masih ada cukup banyak pertandingan,” kata Popovic setelah meneken kontrak dua tahun seperti dikutip dari AFP.

“Anda tahu, kami semestinya mengincar tempat teratas untuk dapat lolos langsung,” tambahnya.

Australia telah tampil di lima Piala Dunia. Mereka sempat mencapai putaran 16 besar pada Piala Dunia Qatar 2022.

Mereka mengawali 2024 dengan cukup baik pada putaran kualifikasi kedua zona Asia dengan torehan enam kemenangan beruntun tanpa kemasukan satu gol pun.

Namun mereka kesulitan menampilkan permainan terbaik saat melawan Bahrain dan Indonesia.

Popovic yang menganggur sejak meninggalkan Melbourne Victory pada Mei silam, mengatakan “itulah sepak bola.”

“Terkadang hasil-hasil dapat menutupi sesuatu yang bagus… Melihat sejarah terkait apa yang telah dilakukan, para pemain ini melakukan hal yang luar biasa di sana (Qatar),” ucapnya.

Baca juga: Timnas Indonesia berhasil imbangi Australia tanpa gol

“Saya memahami tanggung jawab yang disyaratkan dan apa ekspektasi semua orang,” tambahnya.

Popovic pernah membela timnas Australia dalam 58 pertandingan, dan menikmati karier yang bagus sebagai pemain di Sydney United, Sanfrecce Hiroshima di Jepang, dan Crystal Palace di Inggris.

Sebagai pelatih, ia pernah membawa Western Sydney Wanderers menjuarai Liga Champions Asia pada 2014, dan menjuarai Liga Australia bersama Perth Glory.

Baca juga: Hasil Grup C: Timnas Bahrain tumbangkan Australia 1-0

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024