Jakarta (ANTARA) - Mixtape “Days Before Rodeo” milik Travis Scott tahun 2014 mencapai No.1 di tangga album Billboard 200 (tertanggal 28 September).

Mengutip Billboard pada Minggu (22/9) waktu setempat, album tersebut melonjak 106-1 setelah edisi vinilnya yang dijual secara eksklusif, dikirimkan kepada pelanggan.

Set tersebut memperoleh 156.000 unit setara album di Amerika Serikat dalam perhitungan sepekan yang berakhir pada 19 September (naik 1.295 persen), menurut Luminate.

Baca juga: Travis Scott ungkap tanggal tur "Circus Maximus" di Amerika Utara

Dari jumlah tersebut, penjualan album tradisional mencapai 150.000 (menjadikannya album terlaris pekan ini; album ini berada di posisi No. 1 dalam Penjualan Album Teratas).

Penjualan piringan hitam mencapai 149.000 dari angka penjualan tersebut merupakan pekan penjualan piringan hitam terbesar Scott sepanjang masa.

Ini juga merupakan pekan penjualan piringan hitam terbesar untuk album rap, serta pekan keenam penjualan piringan hitam terbesar di semua genre, sejak Luminate mulai melacak penjualan pada tahun 1991.

Baca juga: Travis Scott jeda konsernya untuk cegah petugas keamanan usir penonton

“Days Before Rodeo” menandai kemenangan keempat Scott di No. 1, yang semuanya diraih secara berurutan.

Sebelumnya, ia menduduki puncak daftar dengan Utopia (2023), Astroworld (2018), dan Birds in the Trap Sing McKnight (2016).

“Days Before Rodeo” awalnya dirilis gratis pada tahun 2014. Pada tanggal 23 Agustus, album ini dirilis secara komersial untuk pertama kalinya dan secara resmi memulai debutnya di layanan streaming.

Baca juga: Travis Scott tak akan hadapi tuntutan pidana atas tragedi Astroworld

Album ini memulai debutnya di No. 2 di Billboard 200 tertanggal 7 September dengan 361.000 unit yang diperoleh pada pekan yang berakhir pada tanggal 29 Agustus, sebagian besar dari kekuatan penjualan album (331.000 unit yang sebagian besar dari penjualan album unduhan digital).

Album ini kemudian turun ke No. 30 pada minggu kedua, dan kemudian ke No. 106, sebelum melonjak ke No. 1 pada minggu keempat peluncurannya.

Penjualan vinyl yang mendorong Scott ke posisi No. 1 mulai menghasilkan pra-pemesanan melalui toko web resminya sebelum album tersebut dirilis pada 23 Agustus melalui layanan streaming, sebagai unduhan digital, dan dalam bentuk CD.

Baca juga: Perangi musik AI, YouTube hapus album lancung Travis Scott

Album tersebut tersedia dalam dua varian vinyl (edisi standar dan edisi deluxe dalam kemasan yang diperluas), serta dua set kotak (satu berisi hoodie dan vinyl standar dan satu berisi kaus dan vinyl deluxe), dan dalam dua penawaran Fan Pack (satu berisi hoodie dan vinyl standar dan satu berisi kaus dan vinyl deluxe).

Perilisan ritel yang lebih luas di luar toko web Scott untuk format fisik album apa pun belum diumumkan.

Tangga lagu Billboard 200 memberi peringkat album paling populer minggu ini di AS berdasarkan konsumsi multi-metrik yang diukur dalam unit album ekuivalen, yang disusun oleh Luminate (penyedia data independen untuk tangga lagu Billboard).

Baca juga: Travis Scott kembali manggung sejak insiden Astroworld

Unit terdiri atas penjualan album, album ekuivalen trek (TEA), dan album ekuivalen streaming (SEA).

Setiap unit setara dengan satu penjualan album, atau 10 trek individual yang terjual dari sebuah album, atau 3.750 aliran audio dan video resmi yang didukung iklan atau 1.250 aliran audio dan video resmi sesuai permintaan berbayar/langganan yang dihasilkan oleh lagu-lagu dari sebuah album.

Tangga lagu baru tertanggal 28 September 2024 akan diunggah secara lengkap di situs web Billboard pada hari Selasa, 24 September.

Baca juga: Ed Sheeran hingga Travis Scott akan tampil di Billboard Music Awards

Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024