Targetnya 50 persen wisatawan lokal dan 50 persen lagi wisatawan mancanegara, seperti Singapura
Tanjungpinang (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Guntur Sakti mengaku optimistis agenda olahraga bertaraf internasional Mandiri Bintan Marathon 2024 mampu mendongkrak kunjungan wisatawan, khususnya di Kabupaten Bintan.

Guntur menyebut kegiatan yang akan diselenggarakan pada 2-3 November di Kawasan Lagoi Bay, Bintan Resort, itu menargetkan sekitar 3.000 peserta atau wisatawan dalam maupun luar negeri.

"Targetnya 50 persen wisatawan lokal dan 50 persen lagi wisatawan mancanegara, seperti Singapura," kata Guntur di Tanjungpinang, Senin.

Baca juga: Dispar Kepri: Tanjungpinang Fest 2024 mampu tarik 58.342 pengunjung

Ia menyatakan Dinas Pariwisata (Dispar)  Kepri sangat mendukung event Mandiri Bintan Marathon 2024 melalui berbagai bentuk dukungan, seperti promosi, publikasi, hingga fasilitasi penyelenggaraannya.

Ia mengatakan Dispar Kepri terus dilibatkan dalam setiap pembahasan menjelang pelaksanaan kegiatan olahraga lari yang dimulai pada tahun 2019 tersebut.

"Pemerintah selalu siap mendukung kegiatan pariwisata yang digelar teman-teman atau pelaku industri wisata," ujarnya.

Baca juga: Dispar Kepri: Wisata olahraga jadi tren berwisata setelah COVID-19

Lebih lanjut Guntur mengutarakan Mandiri Bintan Marathon 2024 digelar oleh Bintan Resort Cakrawala (BRC) bekerja sama dengan iSport, mitra baru yang ahli dalam manajemen olahraga dan sport tourism. Sementara sponsor utamanya itu Bank Mandiri.

Ia pun optimistis kegiatan itu menjadi daya pengungkit ekonomi di Bintan, misalnya okupansi hotel meningkat hingga produk-produk UMKM lokal dapat dijual kepada wisatawan sebagai oleh-oleh.

"Melalui kegiatan ini diharapkan pariwisata Bintan semakin dikenal luas di dunia internasional," ujar Guntur.

Baca juga: Dispar Kepri: Wisata golf jadi peluang baru tarik kunjungan wisman

 

Pewarta: Ogen
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024