Tangerang (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang, Banten, berkolaborasi dengan Gerakan Pemuda (GP) Ansor menggelar Festival Maulid Nusantara dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah di Taman Elektrik pada 25-29 September 2024.

Ketua Panitia Festival Maulid Nusantara Kota Tangerang Hilmi Syarifudin, di Tangerang, Senin, mengatakan Festival Maulid Nusantara akan menyajikan aneka ragam lomba, bazar kuliner khas daerah, istighasah kebangsaan, dan tausiyah.

Baca juga: Peringatan Maulid di Kota Tangerang, bagikan 1.446 porsi nasi kebuli

Menurut dia, kegiatan ini merupakan salah satu cara Kota Tangerang dalam mengungkapkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.

“Maulid merupakan salah satu cara kita mengungkapkan cinta kepada Nabi Muhammad, dan tradisi ini hanya ada di Indonesia, sehingga perlu kita peringati, sebagaimana tradisi yang diwariskan oleh ulama-ulama kita terdahulu,” kata Hilmi dalam keterangannya.

Adanya Festival Maulid Nusantara Kota Tangerang, lanjut dia, diharapkan dapat merekatkan ukhuwah Islamiyah di Kota Tangerang.

Baca juga: Santri di Temanggung gelar peduli lingkungan sambut Maulid Nabi

"Apalagi tahun ini dihadapkan dengan kontestasi politik, dengan tantangan masyarakat yang memiliki perbedaan referensi pilihan politik," ujarnya.

Sementara itu, pembukaan Festival Maulid Nusantara Kota Tangerang, kata Hilmi, akan diawali dengan kirab gunungan yang melibatkan semua unsur.

“Kita akan ada Pawai Obor Elektrik, Kirab Gunungan yang dibagikan ke masyarakat, Pekan Kuliner, Pentas Hadroh, Pentas Marawis, hingga Pentas Budaya Tari Tradisional,” kata Hilmi.

Baca juga: Tradisi bertukar makanan dalam Maulud Nabi di Bondowoso

Ia mengajak seluruh masyarakat Kota Tangerang dan sekitarnya untuk datang dan meramaikan Festival Maulid Nusantara Kota Tangerang karena banyak ulama dan kiai kharismatik hingga artis nasional serta banyak penampil perlombaan.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024