Kabupaten Badung (ANTARA) - Pemerintah bersama para pelaku usaha bergotong royong untuk membantu pertumbuhan perusahaan-perusahaan rintisan atau startup digital nasional lewat NextHub Global Summit 2024.

Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Nexticorn Foundation ​​​​​​mengadakan NextHub Global Summit 2024 untuk membantu perusahaan-perusahaan rintisan tahap awal menaikkan tingkatan.

"Ini yang disebut program ala Indonesia, gotong royong, kerja sama antara pemerintah dan juga sektor swasta," kata Pemimpin Nexticorn Foundation Rudiantara di Badung, Bali, Senin.

NextHub Global Summit 2024 mempertemukan perusahaan-perusahaan rintisan dengan para investor serta perusahaan mitra, memfasilitasi pencapaian kesepakatan bisnis di antara mereka.

Penyelenggaraan acara tersebut merujuk pada HUB.ID yang diadakan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Nexticorn International Summit yang dilaksanakan oleh Nexticorn Foundation.

Baca juga: Pemerintah upayakan perusahaan rintasan lokal bisa "go global"

Baca juga: NextHub Global Summit digelar untuk dukung pengembangan start-up

Menurut Rudiantara, yang menjabat sebagai menteri komunikasi dan informatika periode 2014-2019, sebanyak 3.000 pertemuan telah dijadwalkan untuk menghubungkan 120 perusahaan rintisan asal Indonesia dengan 140 perwakilan investor selama NextHub Global Summit 2024.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan, NextHub Global Summit 2024 diharapkan mampu menampilkan ekosistem startup digital Indonesia kepada investor tingkat global.

"NextHub Global Summit 2024 juga diharapkan untuk memperkuat posisi Indonesia sebagai regional tech hub dan mendorong pertumbuhan inovasi ekonomi di kawasan Asia Tenggara," kata Budi.

NextHub Global Summit 2024 dilaksanakan di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, dari 23 sampai 24 September. Pertemuan ini mengangkat tema Defrost the Tech Winter.

Peserta pertemuan mencakup perwakilan dari perusahaan-perusahaan rintisan yang sedang tumbuh di berbagai sektor, termasuk teknologi finansial, kesehatan, pertanian, usaha keberlanjutan, dan logistik.

Baca juga: BNI Ventures jembatani startup dan perbankan dengan Match Arc

Baca juga: Kemenparekraf ingin menjaring 120 perusahaan rintisan di BEKUP

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024