Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa sejumlah kota besar di Indonesia diperkirakan hujan, seperti Pekanbaru, Medan, Serang, Jakarta, Manado, Makassar, dan Jayapura.

Dalam keterangan yang dikutip pada Senin, prakirawan cuaca BMKG Rif'at Darajat menjelaskan, daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi terpantau memanjang di Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, kemudian dari Jawa Timur hingga Jawa Barat, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Barat, dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Selatan, dari Papua Pegunungan hingga Papua Barat Daya.

"Selain itu, daerah pertemuan angin atau konfluensi terpantau di Samudera Hindia Barat Daya Pulau Jawa. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut," kata Rif'at.

Dia menuturkan, di Pulau Sumatra, kota Padang diperkirakan berasap atau berkabut, sementara hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di kota Pekanbaru serta Tanjung Pinang. Adapun kota Medan dan Banda Aceh, katanya, diperkirakan turun hujan disertai kilat maupun petir.

Selanjutnya, kota Lampung diperkirakan berawan, dan kota Jambi diperkirakan berawan tebal. Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Bengkulu, Palembang, serta Pangkal Pinang.

Baca juga: Senin pagi, kualitas udara Jakarta tidak sehat bagi kelompok sensitif

Adapun untuk Pulau Jawa, katanya, cuaca berawan tebal diperkirakan terjadi di kota Surabaya, Semarang, serta Yogyakarta. Kemudian, Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di kota Serang serta Jakarta.

"Perlu diwaspadai bagi sobat yang berada di kota Bandung, karena diperkirakan turun hujan, disertai kilat maupun petir," dia menambahkan.

Di Bali serta Nusa Tenggara, katanya, cuaca berawan tebal diperkirakan terjadi di kota Mataram, serta Kupang. Untuk kota Denpasar, diperkirakan turun hujan dengan intensitas ringan.

Untuk Pulau Kalimantan, ujarnya, cuaca berawan diperkirakan terjadi di kota Banjarmasin, sementara kota Pontianak berpotensi adanya petir. Sementara itu, kota Tanjung Selor, Samarinda, serta Palangkaraya, diperkirakan turun hujan disertai kilat maupun petir.

Dia menambahkan, untuk pulau Sulawesi, cuaca berkabut diperkirakan terjadi di kota Kendari, Kota Manado diperkirakan berawan, dan Gorontalo diperkirakan berawan tebal. Sementara itu, diperkirakan hujan dengan intensitas ringan di kota Makassar, serta hujan dengan intensitas sedang di kota Mamuju.

Adapun Palu diperkirakan turun hujan, disertai kilat maupun petir.

Di wilayah Indonesia bagian timur, cuaca berawan diperkirakan terjadi di kota Ambon, dan cuaca diperkirakan berawan tebal di kota Ternate. Dia menyebutkan, hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di kota Jayapura.

Dia menyebutkan, kota Sorong, Manokwari, Nabire, Jayawijaya, serta Merauke diperkirakan turun hujan dengan intensitas sedang.

Baca juga: BMKG catat terjadi 34 kali gempa susulan di Kabupaten Bandung

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024