Jakarta (ANTARA) - John Stones mencetak gol penyelamat bagi Manchester City saat mereka bermain imbang 2-2 dengan tamunya Arsenal, pada pertandingan Liga Inggris di Stadion Emirates, Manchester, Minggu.

Tambahan satu poin sudah cukup bagi City untuk merebut pucuk klasemen sementara dari Liverpool, dengan koleksi 13 poin. Sedangkan Arsenal berada di posisi keempat dengan 11 poin.

Berstatus tuan rumah, City menggebrak sejak awal. Pada menit kesembilan, umpan terobosan Savinho membelah pertahanan Arsenal dan Erling Haaland dengan mudah melesakkannya masuk ke gawang The Gunners yang dikawal kiper David Raya. Itu sekaligus menjadi gol kesepuluh Haaland bagi City di musim ini.

Selanjutnya momentum City sempat terganggu saat Rodri terpaksa ditarik keluar lapangan akibat cedera. Ia kemudian digantikan oleh Mateo Kovacic.

Saat City masih beradaptasi dengan masuknya Kovacic, Arsenal mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-22. Riccardo Calafiori mendapat operan dari Gabriel Martinelli di tepi kotak penalti, dan bek Italia itu melepaskan sepakan melengkung yang tidak dapat diantisipasi kiper Ederson. Gol tersebut adalah gol pertama Calafiori untuk Arsenal.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Manchester City dan Liverpool masih sempurna

Sebelum turun minum, tepatnya pada menit ke-46, Arsenal mampu membalikkan keadaan. Bola kiriman Bukayo Saka dapat diteruskannya masuk ke gawang City, setelah ia memenangi duel dengan Kyle Walker.

Sayangnya kartu kuning kedua yang diterima Leandro Trossard pada menit ke-48 membuat Arsenal harus bermain dengan sepuluh pemain pada sisa jalannya pertandingan, meski mereka mampu menjaga keunggulan 2-1 sampai babak pertama usai.

Arteta meresponnya dengan memasukkan tambahan pemain bertahan dalam diri Ben White, yang masuk menggantikan Saka.

Tidak lama kemudian, kiper Raya harus berjibaku menahan sundulan keras Haaland. Arsenal juga mampu meredam gempuran City berkat permainan apik para bek tengahnya, serta kemampuan Raya yang dua kali menggagalkan upaya Josko Gvardiol.

Baca juga: Arteta "kagum" dengan keputusan wasit yang mengganjar Rice kartu merah

Stones lantas menjadi pahlawan City pada menit ke-98, saat ia mampu memaksimalkan umpan silang Jack Grealish untuk menjadi gol penyama kedudukan. City pun berhasil memperpanjang catatan tidak terkalahkan di kandang sendiri yang telah berlangsung hampir selama dua tahun.

Susunan pemain:

Manchester City: Ederson, Kyle Walker, Ruben Dias, Manuel Akanji, Josko Gvardiol, Rodri, Ilkay Gundogan, Savinho, Bernardo Silva, Jeremy Doku, Erling Haaland

Pelatih: Pep Guardiola

Arsenal: David Raya, Jurrien Timber, William Saliba, Gabriel Magalhaes, Riccardo Calafiori, Bukayo Saka, Thomas Partey, Declan Rice, Gabriel Martinelli, Kai Havertz, Leandro Trossard

Pelatih: Mikel Arteta
 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024