Medan (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, menetapkan dua pasangan calon bupati dan wakil bupati wilayah setempat yang akan bertarung dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Ketua KPU Tapanuli Selatan Zulhajji Siregar mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan rapat pleno tentang penetapan calon bupati dan wakil bupati yang dilakukan secara tertutup.

"Kita sudah melakukan rapat pleno penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan mengikuti Pilkada 2004, penetapan ini sudah dituangkan dalam berita acara dan sudah diputuskan," ujar Zulhajji Siregar, di Sipirok, Minggu.

Dia menjelaskan dua pasangan yang telah ditetapkan tersebut yakni pasangan Dolly Pasaribu - Parulian Nasution dan pasangan Gus Irawan Pasaribu - Jafar Syahbuddin Ritonga.

Baca juga: KPU : Dolly Pasaribu-Buchori lolos untuk Pilkada Tapanuli Selatan

Zulhajji menegaskan bahwa penetapan calon bupati dan wakil bupati sebagai peserta pemilihan kepala daerah sesuai i pengumuman KPU Tapanuli Selatan Nomor:1883/PL.02.2-Pu/1203/2/2024.

"Surat penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan di Pilkada 2024 dihadiri seluruh komisioner dan pihak terkait," sebutnya

Setelah menetapkan dua pasangan calon tersebut, dia melanjutkan KPU Tapanuli Selatan akan melakukan pengundian nomor urut pada Senin (23/9).

Dia menegaskan bahwa dalam pengundian nomor urut tersebut kedua pasangan calon wajib untuk menghadiri tanpa diwakilkan pihak yang lain.

"Pada saat pengundian nomor urut, kedua pasangan calon diharuskan untuk hadir dan melakukan pengundian nomor," jelas dia.

Pada Pilkada 2024, pasangan Dolly - Parulian akan maju melalui jalur perseorangan. Sedangkan pasangan Gus Irawan - Jafar Syahbuddin diusung oleh 12 partai yang terdiri dari Partai Golkar, Gerindra, PDIP, PAN, Hanura, Nasdem, PPP, PSI, PKN, PKS, PKB, dan Demokrat.

Baca juga: KPU Tapanuli Selatan targetkan partisipasi pemilih pilkada 80 persen

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024