Surabaya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Jawa Timur menyiapkan tahapan pengambilan nomor undian calon kepala daerah pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) di kota setempat.

Ketua KPU Kota Surabaya Soeprayitno di Kota Surabaya, Minggu mengatakan hari ini KPU Surabaya telah menuntaskan rapat pleno penetapan pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2024, Eri Cahyadi-Armuji.

"Kemudian, besok Senin (23/9) kami mengadakan pengundian nomor urut pasangan calon di salah satu hotel di Surabaya," katanya.

Ia mengemukakan, untuk pengambilan nomor urut pihaknya mengundang pasangan calon, kemudian ketua dan sekretaris dari 18 partai politik pengusung serta 35 orang dari tim pasangan calon.

"Selain itu, dari Bawaslu Surabaya dan Forkopimda juga menjadi pihak terundang," katanya.

Ia mengemukakan, untuk tahapan selanjutnya adalah pasangan calon akan membuka rekening khusus dana kampanye (RKDK) dan juga dari divisi teknis juga sudah membuka help desk untuk membantu pasangan calon seputar pembukaan dana kampanye tersebut.

"Pada rapat koordinasi dengan Bawaslu kami menegaskan kembali sehubungan keberadaan gudang untuk menampung alat peraga kampanye yang nantinya seiring masa habisnya masa tahapan kampanye," katanya.

Ia menjelaskan, tahapan kampanye dimulai tanggap (25/9-23/11) dan berpesan kepada masyarakat untuk menjaga kondusifitas selama pelaksanaan kampanye berlangsung.

"Terkait dengan pengambilan nomor urut tetap dilakukan meskipun hanya satu pasangan calon yang mendaftar sesuai dengan PKPU RI 1/29 tahun 2024," katanya.

Sementara, kata dia, pelaksanaan debat juga tetap dilaksanakan, tetapi mekanisme yang pertama pemaparan visi misi, kedua pasangan calon menjawab pertanyaan yang ditanyakan panelis.

"Debatnya maksimal tiga kali," katanya.

Baca juga: KPU Surabaya terima pendaftaran Eri-Armuji
Baca juga: Jokowi nyatakan "kotak kosong" dalam pilkada bagian proses demokrasi

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024