Banjarbaru (ANTARA) - Tim Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengandalkan karya inovatif kendaraan masa depan yang diberi nama "Antasari Evo III" di final ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2024 yang digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), 5-10 Oktober 2024.

"Di final nanti Wasaka Team Car ULM bakal bersaing dengan empat perguruan tinggi lain dalam kategori bahan bakar gasoline," kata Arifah Pagis selaku General Manager Wasaka Team Car ULM di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Minggu.

Ia mengaku optimistis mendapatkan hasil yang jauh lebih baik tahun ini, setelah timnya melakukan berbagai perubahan pada Antasari Evo III.

Jika tahun lalu di kontes yang sama hanya meraih posisi kelima dengan capaian 120 kilometer per liter, maka tahun ini ditargetkan mencapai efisiensi bahan bakar hingga 350 kilometer per liter.

"Tahun lalu dengan Antasari Evo II bobotnya 150 kilogram, mobil sekarang Antasari Evo III jauh lebih ringan hanya 68 kilogram, maka lebih irit bahan bakar," jelas mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik ULM angkatan 2022 itu.

Wasaka Team Car ULM konsisten mengikuti ajang KMHE setiap tahunnya. Ajang itu sendiri digelar oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan tuan rumah bergantian sesuai perguruan tinggi yang ditunjuk.

Untuk tahun ini ada 70 tim dari berbagai perguruan tinggi yang ikut meramaikan KMHE 2024 yang semangatnya berfokus pada peningkatan teknologi ramah lingkungan.

Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri pun mendukung sepenuhnya keikutsertaan Wasaka Team Car ULM yang beranggotakan 25 mahasiswa Fakultas Teknik dengan harapan terus berprestasi mengharumkan almamater sekaligus menjadi pioner terciptanya kendaraan masa depan yang hemat energi dan ramah lingkungan.

Baca juga: PKM Unsrat mengembangkan rumah murah hemat energi di Sulut
Baca juga: Pemkot Jaktim sosialisasikan konservasi energi pada gedung pemerintah

 
Wasaka Team Car ULM bersama Antasari Evo III. ANTARA/Firman

Pewarta: Firman
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024