Jakarta (ANTARA) - Tiga tahun lalu, Jawa Tengah (Jateng) yang terkenal kerap menghasilkan pebulu tangkis hebat, tanpa medali emas satu pun dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Di gedung olahraga (GOR) Waringin, kota Jayapura, Jateng hanya menyaksikan Jawa Barat (Jabar) menjadi juara umum bulu tangkis PON Papua 2021 setelah meraih tiga emas, tiga perak, dan satu perunggu.

Jateng finis di posisi keempat klasemen akhir perolehan medali bulu tangkis PON Papua 2021 dengan satu perak dan dua perunggu. Medali perak Jateng diraih oleh ganda campuran atas nama Bagas Maulana/Indah Cahya Sari.

Empat tahun sebelumnya di Jawa Barat, Jateng finis posisi ketiga dengan satu emas, dua perak, dan empat perunggu. Emas yang diraih lahir dari ganda campuran Praveen Jordan/Melatih Daeva Oktavianti.

Setelah terpuruk pada dua edisi pesta olahraga terbesar di Indonesia itu, Jateng bangkit dan berpesta pada PON XXI Aceh-Sumut 2024. GOR PBSI Sumut, Deli Serdang menjadi saksinya.

Dari tujuh nomor yang dipertandingkan, Jateng memanen lima emas. Lima nomor itu adalah beregu putra, beregu putri, tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putri.

Di tunggal putra dan ganda putri, Jateng membuktikan dominasinya melalui laga "All Final Jateng" yang menyajikan Zaki Ubaidillah melawan Richie Duta Ricardo dan Ardita Anjani/Titis Maulida Rahma melawan Bernadine Anindya Wardana/Velisha Christina.

Setelah lima emas, Jateng juga menambah koleksi medali-medalinya lewat tiga perak dan dua perunggu. Lima emas, tiga perak, dan dua perunggu membuat Jateng berjaya dengan menjadi juara umum bulu tangkis PON Aceh-Sumut 2024.

Prestasi ini memperbaiki catatan mereka sebelumnya di PON Papua 2021 sekaligus mengulangi prestasi 12 tahun lalu di Riau yang juga menjadi juara umum dengan tiga emas, tiga perak, dan tiga perunggu.

Saat itu, Hayom Rumbaka, yang saat ini menjadi pelatih nomor tunggal Jateng, turut menyumbangkan medali emas beregu putra dan perak tunggal putra di PON Riau 2012.

Baca juga: Ardita/Titis sangat bangga raih medali emas sebagai orang asli Jateng
Baca juga: Menpora Dito optimistis PON 2024 lahirkan pebulu tangkis potensial
Baca juga: Klasemen akhir medali bulu tangkis PON 2024: Jateng juara umum



Halaman berikut: Peran besar PB Djarum 

Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024