Cianjur (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mendistribusikan bantuan logistik dan 50 terpal untuk warga penyintas gempa 5,0 magnitudo di Kabupaten Bandung serta menempatkan lima orang relawan guna membantu pelayanan di posko PMI.

Kepala Markas PMI Cianjur Ajang Fajar Aciana di Cianjur Minggu, mengatakan pendistribusian logistik dilakukan setelah berkoordinasi dengan posko PMI Bandung terkait kebutuhan penyintas.

"Kami mengirim hygiene kit dan family kit serta puluhan terpal langsung ke posko PMI di Kecamatan Kertasari berserta lima orang relawan yang akan membantu memberikan berbagai pelayanan," katanya.

Dia menjelaskan, dua dari lima relawan merupakan tenaga kesehatan yang sudah mendapat sertifikat dan akan memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum terutama penyintas yang membutuhkan pelayanan langsung seperti perawatan luka dan lain-lain.

Relawan tersebut akan bertugas secara bergantian dengan relawan lain yang disiagakan di PMI Cianjur selama diterapkan tanggap darurat bencana di wilayah terdampak gempa Bandung.

"Sudah diberangkatkan pagi ini dan langsung bertugas di posko PMI Bandung. Nanti tugas mereka akan digilir selama tanggap darurat bencana diberlakukan," katanya.

Dia menjelaskan, PMI Cianjur akan terus menyalurkan logistik sesuai kebutuhan penyintas gempa Bandung, termasuk mengirim tambahan relawan sesuai keahlian ketika dibutuhkan posko gempa PMI.

"Kami akan terus membantu posko PMI Bandung dalam memberikan berbagai pelayanan termasuk tenaga khusus untuk membangun hunian darurat atau hunian sementara yang sejak gempa Cianjur sudah memiliki sertifikat keahlian," katanya.

Baca juga: BMKG catat terjadi 34 kali gempa susulan di Kabupaten Bandung
Baca juga: BMKG: Sesar Garsela pemicu gempa merusak di Jabar hasil analisis data

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024