Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengatakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terkesan dengan alutsista buatan dalam negeri yang dipamerkan di lapangan Monas dalam rangka peringatan HUT TNI Ke-79.

"Beliau tadi saya lihat sangat terkesan dengan alutsista yang buatan dalam negeri. Ada yang dari Pindad dan lain sebagainya. Kaget melihat alutsista yang digelar kebanyakan buatan dalam negeri," kata Agus di sela kegiatan HUT TNI Ke-79 di Monas, Jakarta, Pusat, Minggu.

Agus juga mengungkapkan presiden hadir dengan membawa kedua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah, untuk melihat alutsista TNI yang dipamerkan di lapangan Monas.

"Ya, bawa cucu lihat tank, beliau sangat senang sekali dengan kegiatan ini, karena kegiatan ini untuk masyarakat dan alhamdulillah animo masyarakat yang hadir tadi lari ada 9000 kemudian sampai siang ini masyarakat masih membludak hadir menyaksikan pagelaran musik," ujarnya.

Baca juga: Presiden ajak cucu kunjungi pameran alutsista HUT Ke-79 TNI di Monas

Baca juga: TNI gelar bakti sosial di seluruh Indonesia peringati HUT Ke-79 TNI

Baca juga: TNI AU hadirkan 24 stan meriahkan rangkaian HUT Ke-79 TNI


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengajak kedua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah, mengunjungi pameran alat utama sistem senjata (alutsista) yang digelar dalam peringatan HUT Ke-79 TNI di Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

Biro Pers Sekretariat Presiden dalam keterangannya menginformasikan bahwa Presiden dan kedua cucunya bertolak dari Istana Merdeka menuju Monas menggunakan buggy sekitar pukul 09.40 WIB.

Setibanya di Monas, tampak Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo turut serta mendampingi perjalanan Presiden di dalam buggy tersebut.

Jan Ethes dan La Lembah Manah yang mengenakan pakaian kasual pun terlihat sangat antusias melihat beragam alutsista yang dipamerkan. Bahkan, keduanya juga mencoba menaiki "Medium Tank" yang dipajang di area pameran.

Mereka tampak ceria dan bersemangat saat berada di atas tank tersebut sambil melambaikan tangan kepada pengunjung yang hadir.

Presiden Jokowi juga terlihat menikmati suasana pada pameran tersebut, seraya sesekali berbincang dengan Panglima TNI dan Kapolri serta menyapa masyarakat yang antusias menyaksikan pameran.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024