Jakarta (ANTARA) - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Group meraih 13 penghargaan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dalam ajang Asian Impact Awards 2024 di Selangor, Malaysia.

Corporate Secretary PGN Fajriyah Usman dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, mengatakan pencapaian tersebut menunjukkan keberhasilan atas komitmen dalam pelaksanaan program CSR yang mencerminkan prinsip environmental, social, and governance (ESG).

Ke-13 penghargaan tersebut terdiri atas PGN yang memperoleh empat penghargaan Platinum CSR Leading Impact Awards, yang merupakan penghargaan tertinggi pada Asian Impact Awards 2024 dan tiga penghargaan untuk CSR Leader Impact Awards.

Sedangkan, PT Pertamina Gas (Pertagas), anak usaha PGN, menerima empat penghargaan Platinum CSR Leading Impact Awards dan dua penghargaan CSR Leader Impact Awards.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada La Tofi School of Social Responsibility dan PORTMAN College (Malaysia) atas apresiasi yang diberikan kepada Subholding Gas. Saat ini perusahaan dituntut berdampak terhadap ESG dengan adanya Asian Impact Awards ini mendorong perusahaan untuk menguji dampak perusahaannya terhadap hal tersebut. Hal ini memacu Subholding Gas agar terus membuat program-program CSR yang berdampak baik kepada lingkungan, sosial, ataupun tata kelola perusahaan," ujar Fajriyah.

Acara tersebut diselenggarakan La Tofi School of Social Responsibility (LSSR) dan PORTMAN College (Malaysia) pada 18-19 September 2024 di Selangor, Malaysia.

Tujuannya, membantu perusahaan untuk meningkatkan kualitas tata kelola bisnis dan inisiatif sosial serta lingkungan agar berdampak pada kehidupan bersama.

Kriteria penilaian Asian Impact Awards 2024 didasarkan pada komitmen terhadap masyarakat; program sosial/lingkungan/tata kelola perusahaan; dampak dan pencapaian program; dan cerita penerima manfaat.

Perusahaan/unit lokasi PGN yang menjalankan program CSR dan memperoleh trofi CSR Leading Impact Awards dengan peringkat Platinum, yaitu:
1. Mas Tani Tampan (Mandiri Siaga Petani Tangguh dan Mapan) - PGN Stasiun Pagardewa.
2. Harum Manis (Harjamukti Unggul Masyarakat Optimis) - PGN Offtake Stasiun Cimanggis.
3. Pemberdayaan Kelompok Perempuan Kreatif Mandiri (KPKM) Tembesi - PGN Offtake Stasiun Panaran.
4. Herbaman (Herbal Mandiri Asman) - PGN Sales and Operation Region III.

Sedangkan, program CSR dari Pertagas yang memperoleh Platinum CSR Leading Impact Awards yaitu:
1. Pusaka Tani (Penguatan Sirkuler Ekonomi Petani) - Pertagas Operation South Sumatera Area (OSSA).
2. Permata Borneo - Pertagas Operation Kalimantan Area (OKA).
3. Semarak Kidung Tanggulangin - Pertagas Operation East Java Area (OEJA).
4. Perkasa Bumi Ku - Pertagas Operation West Java Area (OWJA).

Atas pencapaian tersebut, lanjut Fajriyah, maka Subholding Gas akan terus berkomitmen terhadap pelaksanaan ESG, sehingga akan selalu bermanfaat bagi masyarakat melalui program-program CSR-nya, sekaligus meningkatkan kepercayaan publik terhadap Subholding Gas Pertamina.

Baca juga: PGN: QUEST tingkatkan produktivitas pengolahan data keteknikan gas

Baca juga: PGN kembangkan jargas di kawasan industri pariwisata bersama ITDC

 

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024