Klub ini punya ambisi besar. Saya juga punya ambisi besar. Bersama saya yakin kami bisa menciptakan sejarah"
London (ANTARA News) - Manajer Timnas Belanda Louis van Gaal akan menjadi manajer baru Manchester United setelah Piala Dunia sedangkan Ryan Giggs menjadi asistennya, kata klub Liga Utama Inggris itu seperti dikutip AFP.

Van Gaal (62) telah menandatangani kontrak berumur tiga tahun untuk menggantikan David Moyes yang dipecat April lalu setelah hasil buruk menimpa tim.

Tugas van Gaal di Timnas Belanda membuat dia tidak bisa segera bergabung dengan United sampai Piala Dunia di Brasil.

Van Gaal, pelatih berdisiplin yang menjuarai liga domestik bersama Ajax, Barcelona dan Bayern Munchen selain pula Liga Champions, akan menjadi manajer pertama United yang berasal dari luar Inggris Raya.

Dalam satu pernyataannya dia pernah mengungkapkan menanti menukangi klub terbesar di dunia.  "Selalu menjadi keinginan saya untuk bekerja di Liga Premier," jelas van Gaal.

"Bertugas sebagai manajer Manchester United, klub terbesar di dunia, membuat saya bangga. Saya memimpin beberapa pertandingan di Old Trafford sebelum ini dan mengetahui betapa menakjubkan Old Trafford dan betapa bergairahnya penggemar United".

"Klub ini punya ambisi besar. Saya juga punya ambisi besar. Bersama saya yakin kami bisa menciptakan sejarah."

Giggs, yang menjadi pemain terlama tampil bersama United dan menjadi pelatih sementara pada empat laga terakhir musim ini setelah kepergiaan Moyes menimpali, "Saya senang punya kesempatan menjadi asisten manajer."

"Louis van Gaal adalah pelatih kelas dunia," kata Giggs sembari mengatakan dia akan akan belajar banyak mengenai kepelatihan dari van Gaal.

"Manchester United telah menjadi bagian terbesar hidup daya dan saya senang bisa terus berhubungan dengan peran kunci seperti ini," sambung Giggs.

Wakil bos United Ed Woodward berkata, "Pada diri Louis van Gaal, kami menggantungkan pada kiprah salah seorang manajer luar biasa saat ini.

"Dia telah mencetak banyak hal dalam karirnya hingga sekarang dan Old Trafford memberi dia tahap pasti ke mana babak baru dalam sejarah Manchester United dicatat."

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014