Senang ketemu orang nomor 1 di Indonesia.
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo mengajak kedua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah, mengunjungi pameran alat utama sistem senjata (alutsista) yang digelar dalam peringatan HUT Ke-79 TNI di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu.

Biro Pers Sekretariat Presiden dalam keterangannya menginformasikan bahwa Presiden dan kedua cucunya bertolak dari Istana Merdeka menuju Monas menggunakan buggy sekitar pukul 09.40 WIB.

Setibanya di Monas, tampak Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo turut serta mendampingi perjalanan Presiden di dalam buggy tersebut.

Jan Ethes dan La Lembah Manah yang mengenakan pakaian kasual pun terlihat sangat antusias melihat beragam alutsista yang dipamerkan. Bahkan, keduanya juga mencoba menaiki "Medium Tank" yang dipajang di area pameran.

Mereka tampak ceria dan bersemangat saat berada di atas tank tersebut sambil melambaikan tangan kepada pengunjung yang hadir.

Presiden Jokowi juga terlihat menikmati suasana pada pameran tersebut seraya sesekali berbincang dengan Panglima TNI dan Kapolri serta menyapa masyarakat yang antusias menyaksikan pameran.

Baca juga: TNI pamerkan 125 unit alutsista di Monas
Baca juga: Menhan sopiri Presiden tinjau pameran alutsista di Rapim Kemhan 2023


Salah satunya adalah Tri Wahyuni warga Depok, Jawa Barat, yang sengaja memanfaatkan hari libur untuk memperkenalkan alutsista kepada anak-anaknya.

Tri tidak menyangka dapat bertemu dengan Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut.

"Liburan buat anak-anak biar kenal sama alat-alat dari tentara, juga menambah pengetahuan. Pamerannya bagus, sangat menarik, selama ini saya tahu hanya lewat media, sekarang bisa lihat langsung," ucapnya.

Ia melanjutkan, "Tidak tahu Pak Jokowi datang. Tadi alhamdulillah dapat foto bersama bertiga. Senang ketemu orang nomor 1 di Indonesia."

Akmal, guru di Kota Bekasi, Jawa Barat, juga mengajak siswanya untuk melihat langsung alutsista di Monas.

Ia mengharapkan acara serupa rutin digelar setiap tahunnya karena memberikan manfaat bagi masyarakat, termasuk pelajar.

"Anak-anak senang sekali, antusias, ditambah ketemu Presiden Jokowi. Mudah-mudahan untuk ke depannya diadakan lagi, sangat antusias dan semangat anak-anak," tutur Akmal.

Pameran alutsista yang digelar ini menjadi salah satu atraksi utama dalam rangkaian perayaan HUT Ke-79 TNI, yang bertujuan untuk memperkenalkan kekuatan dan modernisasi persenjataan TNI kepada masyarakat.

Mulai dari kendaraan tempur, helikopter, hingga persenjataan canggih lainnya, semua dipamerkan untuk menambah wawasan pengunjung.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024