Progres pengerjaan fisik per tanggal 18 September mencapai 91,12 persen.
Lombok Barat, NTB (ANTARA) - Progres pembangunan Bendungan Meninting di Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), sudah mencapai 91,12 persen.

"Progres pengerjaan fisik per tanggal 18 September mencapai 91,12 persen," kata Kepala BWS Nusa Tenggara l, Tampang, di sela mendampingi Penjabat Gubernur NTB Hassanudin meninjau pembangunan Bendungan Meninting di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat, dalam keterangan tertulis diterima wartawan, Minggu.

Ia mengatakan Bendungan Meninting merupakan salah satu proyek strategis nasional. Daya tampung air bendungan ini maksimal berkisar 12 juta meter kubik dengan luas genangan airnya mencapai 53,6 hektare.

"Manfaatnya, mampu mengairi 1.559,29 hektare irigasi meliputi irigasi Penimbung, termasuk 150 liter/detik untuk mengkover Mataram dan Lombok Barat sebagian dan 0,8 MW untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH)," katanya pula.

Tampang menambahkan, Bendungan Meninting masih menjadi rencana peresmian oleh Presiden Joko Widodo pada Oktober mendatang, tetapi belum ada kepastian.

"Kami bersama tim bekerja 24 jam terdiri dari sif pagi, siang dan malam dalam mempercepat proses pengerjaan," katanya.

Penjabat (Pj) Gubernur NTB Hassanudin menyampaikan apresiasi atas kerja maksimal dalam proses pengerjaan mega proyek pembangunan Bendungan Meninting.

"Saya yakin tim semuanya sudah bekerja dengan maksimal, sesuai perencanaan yang telah ditentukan untuk mencapai target sasaran," ujarnya pula.

Selaku pemerintah, katanya lagi, tentunya memberikan dukungan demi suksesnya pembangunan Bendungan Meninting sebagai bukti kehadiran pemerintah dalam mewujudkan sila ke-5.

"Apapun yang dikerjakan ini merupakan realisasi dari sila ke-5 yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Meningkatkan taraf kemajuan dan kesejahteraan," katanya lagi.
Baca juga: Menteri PUPR: Hindari tebang pohon jika tidak perlu dalam pembangunan
Baca juga: PUPR: Progres pembangunan Bendungan Meninting NTB capai 81 persen

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024