Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan, pihaknya dan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) menjalin kemitraan untuk pengembangan sepak bola Indonesia khususnya tim nasional.

"Minggu depan secara resmi kami kedatangan KNVB untuk menandatangani kerja sama dengan PSSI," ujar Erick Thohir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu.

Pria yang juga Menteri BUMN itu melanjutkan, kemitraan tersebut ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman tim nasional Indonesia di semua kelompok umur baik putra maupun putri.

Dengan adanya kerja sama itu, Erick menyebut PSSI dan KNVB akan rutin mempertemukan timnas kedua negara untuk menjalani laga persahabatan.

Bahkan, pada 25 Oktober 2024, timnas putri Indonesia akan bertanding melawan timnas putri Belanda di Belanda atas undangan dari KNVB.

Baca juga: PSSI bersama KNVB sepakat kerja sama pembinaan talenta muda sepak bola

Menurut Erick, timnas putra Belanda juga akan menghadapi Indonesia, tetapi tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

"Mereka (timnas Belanda-red) akan hadir pada waktu yang tepat. Saat ini masih menjalani kualifikasi Piala Dunia 2026," kata dia.

Kemudian, Erick menambahkan, KNVB juga akan terlibat dalam peningkatan kinerja pelatih di Indonesia.

KNVB akan memberikan pelatihan untuk para juru taktik nasional dari seluruh daerah di Indonesia demi membentuk standar kepelatihan nasional yang tinggi.

"Jumlah pelatih di Indonesia itu sangat kurang, hanya sekitar 12 ribu orang, dibandingkan Jepang yang memiliki 76 ribu pelatih. Padahal kita ini negara besar," tutur Erick.

Komunikasi PSSI dan KNVB sudah terjalin sejak tahun 2022, khususnya ketika KNVB menyelenggarakan Oranje Indonesia Festival di Jakarta pada September.

Pada Oktober 2022, PSSI yang diwakili Direktur Teknik Indra Sjafri mengunjungi markas KNVB di Belanda dan berdiskusi soal pemantauan bakat, pelatihan pelatih, pengembangan pemain muda, sepak bola putri dan pengelolaan tim nasional.

Baca juga: PSSI: Timnas putri dijadwalkan TC di Jepang dan hadapi timnas Belanda

Baca juga: Erick Thohir tegaskan komitmen PSSI bangun sepak bola putri


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024