Jakarta (ANTARA) - OPPO kembali memboyong ponsel flagship killer-nya ke Indonesia lewat hadirnya Reno12 series pada Agustus lalu.

Terdiri dari Reno12 5G dan Reno12 Pro 5G, OPPO menawarkan seolah paket komplit pada masing-masing ponsel yaitu ketahanan, desain menawan, hingga kecerdasan artifisial canggih yang biasanya ditemukan hanya pada ponsel-ponsel kelas atas.

Ketiga unsur tersebut tentunya seakan menjawab kebutuhan masyarakat masa kini yang menginginkan ponsel berdesain unik tapi memiliki ketangguhan ekstra dan bisa diandalkan dalam berbagai situasi baik untuk produktivitas maupun mengakses hiburan.

Menjajal performanya, ANTARA berkesempatan menggunakan salah satu dari ponsel tersebut yaitu OPPO Reno12 Pro 5G sebagai ponsel andalan sehari-hari selama satu bulan lamanya dan berikut ulasan lengkapnya.

Desain memikat penuh ketangguhan

Sebenarnya ada dua warna yang ditawarkan OPPO untuk OPPO Reno12 Pro 5G yaitu Nebula Silver dan Space Brown, namun dari keduanya Nebula Silver bisa dibilang membawa desain lebih unik dan memanjakan mata.

Desain bernama fluid ripple texture memadukan gradasi warna perak dan ungu dengan sangat halus di bagian belakang membuat kesan anggun dan elegan pada saat digenggam oleh pengguna.

Apabila case silikon yang diberikan oleh OPPO dilepaskan, desain ini terlihat semakin bercahaya dan bisa menjadi fashion statement tersendiri apabila digunakan dalam beberapa kesempatan penting yang diperlukan untuk tampil beda.

ANTARA juga sempat menjajal ponsel ini dengan warna Space Brown, desain yang ditawarkan juga sebenarnya elegan namun lebih cocok untuk mereka yang menyukai tampilan sederhana dan tidak terlalu banyak aksen.
Tampilan lengkap OPPO Reno12 Pro 5G Space Brown dan isi di dalam kotak OPPO Reno12 Pro 5G. (ANTARA/Livia Kristianti)


Membahas tampak depannya, ponsel ini memiliki layar yang melengkung sehingga tak heran apabila kesan mewah semakin terpancar saat digunakan.

Tampilan dalam balutan yang memikat hati tidak membuat ponsel ini kekurangan performa ketangguhannya, bisa dibilang ponsel ini menjadi ponsel yang paling tahan banting yang pernah pengguna jajal.

Video-video yang beredar di media sosial membuktikan ketahanan dari Reno12 Pro 5G ini bukan cuma gimmick, karena selama penggunaan satu bulan tak terhitung berapa kali ponsel ini jatuh karena terselip khususnya di stasiun kereta rel listrik dengan medan beragam namun ternyata kondisi dari ponsel ini baik-baik saja.

Pada bagian layar yang dilindungi Corning Gorilla Glass Victus 2 pun tidak terlihat masalah dan layar bekerja dengan sempurna membuktikan refresh rate 120 Hz-nya bekerja dengan mulus.

Itu artinya teknologi untuk ketahanan fisik bernama "All-Around Armour" yang diboyong pada Reno12 Pro 5G bekerja dengan baik membuktikan sertifikasi dari SGS yang telah dikantongi OPPO benar-benar teruji dengan baik.


Asisten AI yang cerdas

Beralih ke performa, OPPO Reno12 Pro 5G yang ditenagai oleh dapur pacu dari MediaTek yaitu Dimensity 7300 Energy memberikan performa yang cukup memuaskan.

Sebagai ponsel pertama yang menggunakan chipset ini, Reno12 Pro 5G bekerja dengan sangat baik terutama mengingat ponsel ini dibekali beberapa fitur artificial intelligence (AI) yang membutuhkan pemrosesan cukup berat karena tak terbatas pada kemampuan komputasi untuk gambar saja.

AI yang ditawarkan bekerja dengan sangat baik untuk mendukung produktivitas serta kreativitas visual. Untuk AI produktivitas yang sifatnya AI on Cloud, salah satu fitur yang paling berguna bagi pengguna adalah "AI Summary".

Dengan tugas sebagai jurnalis terkadang ada beberapa referensi tulisan berbahasa Inggris yang perlu dipelajari, maka dari itu pengguna terkadang memanfaatkan "AI Summary" untuk meminta inti dari referensi tulisan sehingga tentunya waktu untuk belajar dapat dihemat mengerjakan hal lain.

Saat ini memang hanya tiga bahasa yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Hindi yang didukung untuk memanfaatkan AI produktivitas dari Reno12 Pro 5G, namun akan lebih baik jika ke depannya ada perluasan jangkauan ke bahasa lain.

Apabila perluasan ke bahasa lain dilakukan khususnya ke Bahasa Indonesia maka ke depannya penggunaan AI-AI produktivitas dari OPPO ini akan lebih membantu lagi sebagai asisten pintar.

Dari sisi AI untuk kreativitas, OPPO Reno12 Pro 5G benar-benar memaksimalkannya pada pemrosesan gambar sehingga tak heran untuk itu OPPO memberikan nama khusus untuknya yaitu AI Imaging System.

AI ini bekerja dengan baik untuk foto-foto yang dijepret menggunakan kamera OPPO Reno12 Pro 5G secara langsung. Salah satu favorit yang sering digunakan pengguna ialah fitur "AI Eraser 2.0" yang bisa menghapus beberapa objek yang menganggu.
Hasil penggunaan AI Eraser 2.0 sebagai bagian AI Imaging System di dalam OPPO Reno12 Pro 5G. Foto kiri sebelum diedit, foto kanan setelah diedit. (ANTARA/Livia Kristianti)


Apalagi jika memang foto yang diinginkan hanya difokuskan pada satu objek maka fitur ini akan berguna mengeliminasi objek lainnya dengan sangat mudah. Hasil pemrosesan gambarnya juga terlihat mulus dan alami sehingga jejak AI di dalam foto yang diaplikasikan fitur ini bisa dibilang memuaskan.

Berbicara performa secara keseluruhan khususnya dari daya tahan baterai, Reno 12 Pro 5G yang dibekali baterai 5000 mAh yang cukup awet untuk penggunaan seharian.

Dengan penggunaan beruntun seharian seperti bermain gim jewel match (sejenis Candy Crush dan Aquascapes), mendengarkan lagu, mengakses browser, memanfaatkan perekaman suara, mengambil gambar, dan memanfaatkan AI untuk meringkas beberapa artikel tidak membuatnya cepat kehabisan baterai.

Bahkan setelah digunakan seharian itu, ponsel ini masih menyimpan baterai tersisa 20-30 persen di akhir hari. Pengunaan chipset MediaTek 7300 Energy sepertinya membuat pemanfaatan baterai ini cukup efisien.

Apabila digunakan bermain gim MOBA seperti Mobile Legends:Bang Bang atau kini gim viral terbaru Honor of Kings yang membutuhkan lebih banyak daya untuk mendukung grafis serta performa, ponsel ini masih terbilang tangguh dan tidak mudah panas.

Walaupun chipset dari OPPO Reno12 Pro 5G terkesan tidak gahar dibanding beberapa gawai di kelasnya namun pengalaman gaming MOBA di HP ini cukup memuaskan.

Misalnya saat digunakan bermain Honor Of Kings dengan pengaturan rata kanan dan waktu bermain 25 menit, fps dari ponsel ini ini bisa stabil di angka 90-100 fps dengan pengurangan baterai hanya empat persen dan tidak terasa panas di tangan.


Kamera yang tetap bisa diandalkan

Salah satu keunggulan Reno series dari OPPO sejak awal diluncurkan adalah hasil jepretan kameranya yang terasa seperti profesional. Hal ini pun kembali dibuktikan lewat Reno12 Pro 5G.

OPPO Reno12 Pro 5G hadir dengan spesifikasi kamera utama 50 MP dilengkapi sensor unggulan Sony yakni LYT-600 disertai OIS (Optical Image Stabilization), kamera 50 MP telefoto 2x optical zoom dan 20x digital zoom, kamera ultra-wide angle 8MP, serta kamera depan 50 MP.

Secara keseluruhan semuanya bekerja dengan sangat baik dalam berbagai kondisi baik di siang hari dengan pencahayaan alami, pencahayaan di dalam ruangan, hingga di luar ruangan dalam kondisi yang minim cahaya.

Saat digunakan ditempat terang tentu hasil jepretannya sangat memuaskan karena lensa bekerja dengan optimal baik saat lensa ultra-wide digunakan ataupun saat mode Portrait diaktifkan. Detail-detail yang diberikan terlihat sangat jelas memberikan kesan seolah foto diambil oleh seorang profesional.
Hasil foto menggunakan OPPO Reno12 Pro 5G. Foto ini diambil menggunakan lensa ultrawide yang menghasilkan detail cukup jelas. (ANTARA/Livia Kristianti)
Hasil foto menggunakan OPPO Reno12 Pro 5G. Foto ini diambil menggunakan lensa kamera utama dengan mode Portrait. (ANTARA/Livia Kristianti)


Meski demikian, penggunaan kamera di tempat gelap pun ternyata masih bisa memberikan hasil yang baik hal ini dimungkinkan berkat adanya AI yang mendukung pemrosesan gambar menjadi lebih jelas dan memuaskan.
Hasil foto menggunakan OPPO Reno12 Pro 5G. Foto ini diambil menggunakan lensa kamera utama dengan Night Mode. (ANTARA/Livia Kristianti)
Hasil foto menggunakan OPPO Reno12 Pro 5G. Foto ini diambil menggunakan lensa kamera utama dengan Night Mode. (ANTARA/Livia Kristianti)
Hasil foto menggunakan OPPO Reno12 Pro 5G. Foto ini diambil menggunakan lensa kamera depan atau selfie dengan Night Mode. (ANTARA)


Kesimpulan

Bagi anda yang mencari ponsel pintar dengan desain unik namun punya segudang kemampuan ajaib seperti tahan banting dan kecerdasan artifisial, bisa dibilang OPPO Reno12 Pro 5G merupakan gawai yang pas untuk dimiliki tanpa perlu merogoh kocek hilang berbelas-belas juta.

Asisten AI-nya untuk produktivitas dapat bekerja dengan sangat baik dan mampu memenuhi tugasnya sebagai asisten terutama ketika memang anda terbiasa mengakses konten-konten Berbahasa Inggris.

Sementara untuk AI yang menghasilkan visual ciamik juga tak perlu diragukan lagi karena mampu menghadirkan jepretan foto yang memuaskan dalam berbagai skenario.

OPPO Reno12 Pro 5G dengan memori penyimpanan besar 512GB dan RAM12 GB dibanderol seharga Rp8.999.000 dapat menjadi pilih untuk anda yang memang aktif bergerak dan produktif.

Ponsel ini memenuhi predikat-nya sebagai paket komplit sebagai flagship killer berkat AI baru-nya serta performanya namun juga memiliki ketahanan dari sisi daya dan fisik yang bisa diandalkan.

Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2024