Jakarta (ANTARA) - Petenis muda Indonesia Nathan Anthony Barki berhasil menjuarai sektor ganda seri terakhir Amman Mineral Men’s Word Tennis Championship di Bali National Tennis Center, The Nusa Dua, Bali, Sabtu.

Berpasangan dengan petenis Australia Blake Ellis, Nathan resmi menggondol gelar kejuaraan resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) level M15 itu setelah mengalahkan unggulan kedua asal Jepang Tomohiro Masabayashi /Taiyo Yamanaka 3-6, 7-6(4), 10-8.

"Suporter hari ini sangat-sangat gila. Sorak-sorai mereka membantu kami meraih gelar. Tidak ada yang lebih menyenangkan dari bermain di hadapan mereka," kata Nathan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Pertandingan antar unggulan itu memanas sejak set pembuka. Dalam empat gim pertama, kedua pasangan berbalas break dengan cepat.

Nathan/Blake, yang menempati unggulan keempat, unggul lebih dulu. Saat merebut gim ketiga, Blake mencetak winner. Masabayashi/Yamanaka langsung merespon dengan memanfaatkan unforced error lawan.

Masabayashi/Yamanaka kembali mengemas break point di gim kedelapan. Hingga akhirnya berhasil mencuri set pertama.

Baca juga: Nathan/Blake tantang unggulan kedua di final ITF M15 Bali

Situasi serupa berlangsung di set kedua. Setelah imbang sepuluh gim, Masabayashi/Yamanaka meraih break krusial. Duet Negeri Sakura kurang empat poin untuk menyudahi pertandingan.

Namun, Nathan /Blake telah belajar dari kekalahannya. Enggan mengulang kesalahan yang sama, mereka bermain aman pada gim terakhir.

Strategi ini membuahkan dua kesempatan break. Kedudukan imbang memberi angin segar. Tie-break cepat empat poin berturut menyudahi set kedua untuk membawa pertandingan berlanjut ke set penentu.

Super tie-break menjadi familiar bagi Nathan/Blake yang pada babak sebelumnya berlangsung demikian dan selalu lebih dahulu mendapatkan poin kesepuluh, begitu pula kali ini.

Berkat kemenangan rubber set, Nathan mengoleksi gelar keempatnya. Dari empat gelaran di Pulau Dewata, dia berhak mengoleksi 27 poin peringkat. Namanya juga akan melonjak tiga ratusan peringkat ke kisaran 1200-an dunia.

Petenis berusia 19 tahun itu masih harus berjuang bila ingin kembali ke peringkat tertingginya di urutan 400-an dunia.

"Setelah ini aku akan kembali ke kampus. Senin depan sudah masuk kelas. Situasi yang sangat berbeda. Jadi, momen ini akan betul-betul aku nikmati pada malam ini. Akan kurayakan bersama keluarga, teman-teman, dan tentu saja, Blake," kata Nathan.

Blake akan melanjutkan tur ke Thailand setelah mengoleksi gelar kelimanya pada tahun ini. Petenis Negeri Kanguru itu akan bermain di ajang Bangkok Challenger.

Sementara itu, unggulan keempat asal Amerika Serikat Andre Ilagan meraih gelar ketiganya setelah menjungkalkan unggulan ketiga asal Ukraina Yuri Dzhavakian 6-4, 7-5 pada partai final sektor tunggal seri keempat Amman Mineral Men’s Word Tennis Championship.

Baca juga: Tampil konsisten, Nathan/Blake kembali ke semifinal ITF Bali

Baca juga: Nathan/Blake melenggang ke perempat final ITF M15 Bali pekan keempat

Baca juga: Nathan Barki taklukkan petenis unggulan di babak pertama ITF M15 Bali

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024