Jayapura (ANTARA) - Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 Kombes Pol. Bayu Suseno mengatakan pesawat TNI Angkatan Udara yang ditumpangi Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens diperkirakan akan tiba di Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta pada pukul 20.00 WIB.

"Pesawat dijadwalkan transit di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar untuk mengisi bahan bakar sebelum melanjutkan penerbangan menuju Bandara Halim Perdana Kusuma di Jakarta dan diperkirakan tiba pada pukul 20.00 WIB," katanya dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jayapura, Sabtu.

Menurut Bayu, tim yang mendampingi keberangkatan Pilot Philip Mark Mehrtens ialah Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Tim Satgas Nanggala, Polda Papua, Kogabwilhan III dan Pilot Afis yang merupakan rekan dari Pilot Philip.

"Kami meminta dia dan seluruh masyarakat agar penerbangan berlangsung lancar dan selamat hingga Pilot Philip Mark Mehrtens dan rombongan tiba di Jakarta," ujarnya.

Dia menjelaskan Philip dibebaskan dari Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Egianus Kogoya melalui proses negosiasi yang panjang.

"Pembebasan ini merupakan hasil dari operasi gabungan yang dilakukan oleh Tim Gabungan TNI-Polri dan Satgas Operasi Damai Cartenz 2024," katanya lagi.

Dia menambahkan pilot berkebangsaan Selandia Baru tersebut dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri dan Satgas Ops Damai Cartenz 2024 di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan pada Sabtu (21/9).

"Pilot Philip dalam keadaan sehat dan layak diterbangkan ke Jakarta," ujarnya.

Baca juga: TNI: Pembebasan Pilot Philip hasil koordinasi TNI-Polri dan masyarakat

Baca juga: MRP apresiasi masyarakat Papua pegunungan atas pembebasan Pilot Philip

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024