Jakarta (ANTARA) - Manajemen merupakan bidang keilmuan yang mempelajari seperti apa mengelola perusahaan maupun organisasi. Manajemen juga mencakup bidang ekonomi dan bisnis, meskipun fokusnya cenderung pada aktivitas pengelolaan, perencanaan, serta pengaturan seluruh proses perusahaan.

Dalam bidang manajemen, terdapat berbagai gelar yang diberikan oleh perguruan tinggi dan lembaga pendidikan lainnya, dengan penekanan pada bidang manajemen bisnis, administrasi, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan lainnya. Berikut gelar manajemen beserta bidangnya, dilansir stekom.ac.id:

1. Sarjana Manajemen (S.M.)

Gelar sarjana di bidang manajemen memberikan dasar pengetahuan yang komprehensif mengenai prinsip dan praktik manajemen dalam konteks bisnis dan organisasi.

2. Sarjana Ekonomi (S.E.) Manajemen

Merupakan gelar dalam bidang pengetahuan ekonomi dengan fokus pada manajemen, mengajarkan konsep ekonomi, analisis bisnis, dan strategi pengambilan keputusan.

Baca juga: Apa itu Sarjana? ini pengertiannya

3. Sarjana Administrasi Bisnis (S.AB) Manajemen

Merupakan gelar dalam bidang yang fokus pada pemahaman administrasi bisnis dan prinsip manajemen yang diperlukan untuk mengelola organisasi, mencakup mata kuliah seperti administrasi bisnis, manajemen organisasi, keuangan perusahaan, dan manajemen operasional.

4. Sarjana Ekonomi dan Bisnis (S.E.Bis)

Merupakan gelar dalam bidang pemahaman ekonomi dan bisnis dengan fokus pada manajemen, mencakup mata kuliah seperti ekonomi mikro dan makro, manajemen keuangan, pemasaran, dan manajemen strategis.

5. Sarjana Manjemen Bisnis (S.Mb.)

Merupakan gelar dalam bidang bisnis dan manajemen, keterampilan yang diperlukan untuk pengaturan dan perorganisasian bisnis baik dalam lingkup organisasi maupun perusahaan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa setiap perguruan tinggi mungkin menawarkan gelar yang sedikit berbeda, namun umumnya memiliki fokus studi manajemen yang sama.

Baca juga: Sejarah Hari Sarjana Nasional yang diperingati setiap 29 September

Baca juga: Ragam gelar sarjana S1 di Indonesia

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024