London (ANTARA) - Aktor Spanyol peraih Oscar Javier Bardem pada Jumat (20/9) mengecam Israel karena melakukan "kejahatan terhadap kemanusiaan" di Jalur Gaza, serta sang aktor mendesak masyarakat internasional untuk meminta pertanggungjawaban mereka yang bertanggung jawab.

Bardem mengatakan kepada wartawan di Donostia Award ,sebagai bagian dari Festival Film San Sebastian di Spanyol, bahwa kepemimpinan Israel, di bawah pemerintahannya yang paling radikal sekarang ini, telah melakukan "kejahatan terhadap kemanusiaan dan hukum internasional."

Dia menyoroti bahwa serangan 7 Oktober yang dipimpin oleh kelompok perlawanan Palestina, Hamas, tidak dapat membenarkan hukuman kolektif terhadap warga Palestina karena dia mendefinisikan serangan Israel sebagai "sama sekali tidak dapat diterima, mengerikan, dan tidak manusiawi," lapor majalah Variety.

Aktor peraih Oscar itu juga mendesak negara-negara, terutama AS dan Inggris, untuk mempertimbangkan kembali "dukungan tanpa syarat" mereka terhadap Israel dan mendesak agar pihak Mahkamah Pidana Internasional (ICC) guna meminta pertanggungjawaban terhadap mereka yang bertanggung jawab.

Jaksa ICC Karim Khan pada Mei telah meminta ICC untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant atas dugaan melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan di Gaza.

Sejak saat itu, Khan telah meminta dua kali, terakhir pada Agustus, agar mahkamah mempercepat penerbitan surat perintah tersebut.

Selama hampir setahun, serangan Israel telah menewaskan lebih dari 41 ribu korban, yang sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak, dan melukai lebih dari 95.500 orang, menurut otoritas kesehatan setempat.

Serangan Israel telah mengungsikan hampir seluruh penduduk wilayah tersebut di tengah blokade yang terus berlanjut yang telah menyebabkan kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan yang parah.

Israel juga menghadapi tuduhan genosida di Mahkamah Internasional (ICJ) atas tindakannya di Gaza.

Sumber: Anadolu

Baca juga: 30 ribu warga/kilometer persegi sesaki zona aman, Israel kian brutal
Baca juga: PBB peringatkan risiko terjadinya "kejahatan yang kejam" di Gaza
Baca juga: Kepala HAM PBB kecam tindakan keji Israel di Jalur Gaza

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024