Jakarta (ANTARA) - Carlos Alcaraz merasa senang dapat bermain di hadapan Roger Federer dalam turnamen antarbintang tenis Laver Cup.

Federer telah mengalami banyak hal dalam kariernya, namun petenis Swiss itu menghadapi sesuatu yang baru yakni menyaksikan langsung pertandingan Alcaraz, juara empat kali Grand Slam dan peringkat tiga dunia, untuk pertama kalinya.

Para bintang itu sudah saling mengenal selama persiapan menuju ajang tersebut, mengobrol di berbagai kesempatan, berpose bersama untuk pemotretan, dan berbincang-bincang di lapangan latihan sebelum pertandingan nomor ganda petenis Spanyol itu yang memperkuat Tim Eropa di Laver Cup.

Peraih 103 gelar tingkat tur, Federer, menyaksikan permainan petenis Spanyol itu dari dekat ketika Alcaraz dan Alexander Zverev berhadapan dengan Taylor Fritz dan Ben Shelton di nomor ganda.

Tim Dunia Fritz/Shelton kemudian memenangi pertandingan tersebut dengan straight set.

"Jujur, bermain di hadapannya itu luar biasa. Ini pertama kalinya dia menonton salah satu pertandingan saya secara langsung dan saya sangat senang dia ada di sana menonton pertandingan ganda kami," kata Alcaraz dikutip dari laman resmi ATP, Sabtu.

"Saya rasa saya jago (di ganda), tetapi saya tidak sehebat (saya di) tunggal, saya rasa. Saya berharap bisa melihatnya besok di tunggal. Saya harap dia menikmati pertandingan ganda, dan tentu saja senang melihatnya berlatih."

"Dia tidak memberi tahu saya taktik atau saran apa pun. Namun, dia hanya mengatakan bahwa dia sangat senang menonton saya secara langsung, bahwa saya ada di sini. Itu adalah saat yang luar biasa bagi saya. Saya sudah lama mengharapkan momen itu," ujar petenis berusia 21 tahun itu.

Kemenangan Fritz/Shelton di nomor ganda atas pasangan Alcaraz/Zverev dengan skor 7-6 (5), 6-4 di Berlin membuat Tim Dunia menyamakan kedudukan 2-2 dengan Tim Eropa.

Baca juga: Alcaraz bawa tim Spanyol awali Piala Davis dengan kemenangan

Fritz/Shelton melepaskan 20 pukulan winner, termasuk delapan ace, dalam perjalanan menuju kemenangan dalam waktu 95 menit melawan petenis peringkat dua dunia Zverev dan petenis peringkat tiga dunia Alcaraz, yang baru saja melakoni debutnya di Laver Cup.

Mereka memastikan kemenangan setelah meraih break penting pada gim kesembilan set kedua untuk menyamakan kedudukan bagi Tim Dunia dalam ajang beregu tahunan tersebut.

"Kami berdua melakukan servis dengan sangat baik di bawah tekanan. Ben melakukan servis dengan sangat baik, jadi saya tidak perlu melakukan pukulan apa pun. Itu luar biasa," kata Firtz.

Hal senada juga disampaikan Shelton yang mengaku hanya bersenang-senang di lapangan.

"Hidup terasa lebih mudah saat Anda bermain dengan seseorang yang bergerak seperti Taylor saat ini. Dia cukup lincah, dan kami sangat bersenang-senang. Ini adalah pertama kalinya kami bermain bersama, dan saya rasa hubungan kami cukup baik," ujar Shelton.

Baca juga: Nadal mundur dari Laver Cup
Baca juga: ATP-WTA luncurkan gim video tenis "Tiebreak"

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024