Jakarta (ANTARA) - Pasangan Indonesia dan Australia Nathan Anthony Barki /Blake Ellis berhasil meraih final perdana mereka di Bali National Tennis Center, The Nusa Dua, setelah melewati babak semifinal, Jumat.

Unggulan ketiga itu bakal menantang unggulan kedua asal Jepang Tomohiro Masabayashi /Taiyo Yamanaka pada partai puncak sektor ganda Amman Mineral Men’s World Tennis Championship, Sabtu (21/9).

"Rasanya begitu memuaskan, akhirnya kami bisa ke final setelah empat pekan bertanding. Setelah final besok, kami akan berpisah. Jadi, kami akan mengeluarkan segenap kekuatan dan mari kita lihat hasilnya," kata Nathan, peraih perak SEA Games 2023, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Berkat pencapaian itu, Nathan memutus empat kekalahan beruntunnya di babak empat besar kejuaraan resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) tersebut. Setelah satu tahun lamanya, petenis berusia 19 tahun itu berpotensi untuk menambah koleksi trofi ITF keempatnya.

Meski demikian, Nathan mesti berhati-hati pada partai final keenamnya. Ketika bertemu wakil Negeri Sakura di partai puncak, peringkat 1591 ganda dunia selalu harus berpuas diri sebagai runner up.

Terlebih, Masabayashi dengan pasangan berbeda, mengandaskannya saat ia berduet dengan Christopher Rungkat pada gelaran serupa dua tahun lalu.

Apabila berhasil mengatasi ganda Jepang tersebut, Nathan akan memperpanjang rentetan dua kemenangannya di partai final, sementara Blake akan menyabet gelar kelimanya pada tahun ini.

"Aku sangat senang bermain di hadapan suporter. Sorak-sorai mereka sangat membantu. Benar-benar memberikan tambahan suntikan semangat," ujar Nathan.

Untuk mencapai final ITF M15 ini, Nathan/Blake sukses menjungkalkan unggulan teratas asal Ghana dan Jepang Abraham Asaba /Leo Vinthoontien lewat pertarungan rubber set 6-1, 1-6, 10-7.

Pada semi final lainnya, Masabayashi /Yamanaka mampu membalik keadaan atas kompatriotnya Koki Matsuda /Issei Okamura, 4-6, 6-1, 10-6.

Sementara itu di sektor tunggal, unggulan keempat asal Ukraina Yuri Dzhavakian dan unggulan kedua asal Amerika Serikat Andre Ilagan bakal sama-sama membidik gelar pertama mereka tahun ini pada babak pamungkas seri keempat Amman Mineral Men’s World Tennis Championship.


Baca juga: Tampil konsisten, Nathan/Blake kembali ke semifinal ITF Bali

Baca juga: Nathan Barki taklukkan petenis unggulan di babak pertama ITF M15 Bali


Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024