Jakarta (ANTARA) - Farmasi merupakan jurusan yang mempelajari ilmu tentang pembuatan obat dari bahan alam maupun sintetik. Obat yang dihasilkan kemudian didistribusikan kepada masyarakat untuk digunakan dalam pencegahan dan pengobatan penyakit.

Tidak hanya itu saja, farmasi juga mempelajari cara-cara meracik, mengidentifikasi, membuat, memformulasikan, mengkombinasikan, menganalisis dan penggunaan obat.

Farmasi juga tidak hanya mengenai obat saja tetapi terdapat produk lain yang dapat diracik seperti makanan, kosmetik serta perawatan kulit.

Dalam jurusan farmasi di perguruan tinggi, tersedia berbagai program gelar kelulusan mulai dari D3, D4, S1, S2 hingga S3. Setiap program memiliki gelar dan tingkatannya masing-masing, serta waktu penyelesaian yang bervariasi.

Bagi Anda yang belum paham apa saja gelar farmasi yang terdapat di Indonesia, berikut ini yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

Gelar farmasi di Indonesia apa saja?

Jurusan farmasi adalah salah satu program studi di bidang ilmu kesehatan yang menawarkan berbagai jenjang pendidikan, mulai dari D3 hingga tingkat yang lebih tinggi yaitu S3.

Saat ini, banyak universitas, baik negeri maupun swasta, yang menawarkan jurusan farmasi. Oleh karena itu, bagi Anda yang berminat melanjutkan studi di bidang ini, Anda memiliki pilihan kampus terbaik yang sesuai dengan keinginan.

Biasanya jurusan farmasi ini banyak diminati oleh calon mahasiswa yang berasal dari jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada saat sekolahnya untuk SMA atau jurusan farmasinya langsung dari SMK.

Karena dalam jurusannya akan mempelajari soal Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) seperti fisika, kimia dan biologi. Serta rata-rata jurusan tersebut lebih banyak praktek guna untuk mahasiswa dapat memahami secara langsung dalam cara kerja di bidang farmasi sesuai dengan pilihannya.

Oleh karena itu, setiap program pendidikan di bidang farmasi memiliki gelar yang berbeda-beda, antara lain:

• D3 farmasi

Bagi Anda yang memilih D3, program ini biasanya berlangsung selama tiga tahun. Pada tingkatan ini akan mendapatkan gelar Ahli Madya Farmasi (A.Md Farm).

• D4 farmasi

D4 Farmasi adalah program pendidikan diploma empat yang lebih mendalam daripada D3, biasanya berlangsung selama empat tahun. Dan kelulusan ini akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Farmasi (S.Tr Farm).

• S1 farmasi

program farmasi yang dilaksanakan selama kurang lebih 4 taun dan untuk lulusan ini akan mendapatkan gelar Sarjana Farmasi (S.Farm) atau Sarjana Sains (S.Si). Untuk lulusan sarjana ini apabila Anda memilih jurusan apoteker, setelah lulus disarankan untuk mengikuti program profesi apoteker selama satu tahun dan nantinya akan mendapatkan gelar tambahan yang diperoleh di bagian depan sebelum nama Anda menjadi Apt (apoteker).

• S2 farmasi

Untuk program pascasarjana pada jurusan farmasi ini biasanya akan berlangsung selama dua tahun, dan akan mendapatkan gelar Magister farmasi (M.Farm).

• S3 farmasi

S3 Farmasi adalah program pendidikan doktor yang bertujuan untuk mendalami penelitian dan pengembangan di bidang farmasi. Program ini biasanya berlangsung selama tiga hingga lima tahun dan fokus pada penelitian ilmiah, inovasi dalam pengobatan, serta pengembangan kebijakan kesehatan. Pada program ini kelulusannya dengan gelar Doktor farmasi (Dr.pharm).


Baca juga: Sejarah Hari Sarjana Nasional yang diperingati setiap 29 September

Baca juga: Ragam gelar sarjana S1 di Indonesia

Baca juga: Apa itu Sarjana? ini pengertiannya
 

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024