Jakarta (ANTARA) - Memasuki era digital, banyak aktivitas yang bisa dilakukan dengan jauh lebih mudah dan praktis oleh masyarakat, salah satunya adalah berbelanja untuk memenuhi kebutuhan yang dapat dilakukan secara online, serta dengan metode pembayaran praktis seperti paylater.

Menyempurnakan layanan belanja online, tidak sedikit platform e-commerce saat ini telah dilengkapi dengan beragam fitur pembayaran digital yang memudahkan transaksi pelaku belanja online. Salah satunya adalah paylater atau bisa juga disebut sebagai cicilan tanpa kartu kredit online.

Lalu, apa saja sih keunggulan yang ditawarkan oleh layanan bayar nanti ini. Yuk simak 5 keunggulan utama fitur paylater yang menjadikannya opsi pembayaran digital favorit masyarakat.

Layanan yang Praktis dan Simpel
Jika dibandingkan dengan kartu kredit yang menawarkan layanan keuangan dengan manfaat serupa, fitur paylater memiliki keunggulan pada segi proses pengajuan yang jauh lebih praktis dan simpel. Saat mengajukan kartu kredit, kamu harus menyiapkan beragam jenis dokumen persyaratan dan melalui proses yang ribet dan memakan waktu. Selain melampirkan segala berkas dan memenuhi ketentuan, masih ada proses survei dan pengecekan kondisi keuangan agar bisa mengajukan kartu kredit.

Sedangkan untuk kasus paylater, kamu hanya perlu menuliskan nama dan foto diri dengan KTP sebagai syarat pengajuannya. Setelah itu, proses verifikasi akan langsung dilakukan dan tak sampai 1 x 24 jam pengajuan paylater biasanya akan disetujui. Layanan pembayaran digital ini pun dapat digunakan segera untuk memenuhi segala kebutuhan sesuai limit yang diberikan.

Menawarkan Beragam Peluang Promo
Keuntungan lainnya yang ditawarkan fitur bayar nanti adalah banyaknya potensi promo yang diberikan untuk menghemat pengeluaran belanja. Hampir setiap hari paylater menawarkan berbagai promo diskon dan cashback yang menguntungkan dan sayang jika dilewatkan pengguna.

Apalagi saat perayaan hari istimewa tertentu, misalnya tanggal cantik dan akhir tahun, promo yang ditawarkan layanan ini menjadi jauh lebih menggiurkan. Promo diskon hingga lebih dari 50 persen, tawaran beli 1 gratis 1, hingga beragam penawaran menarik lain kerap disuguhkan penyedia layanan keuangan digital ini. Karena itulah layanan paylater mampu memanjakan para pelaku belanja online.

Pilihan Tenor Pelunasan yang Fleksibel
Sebagai layanan kredit, fitur bayar nanti juga memudahkan penggunanya dengan pilihan tenor cicilan yang fleksibel dan bervariasi. Tenggat waktu pelunasan tagihan paylater yang biasa disediakan oleh penyedia layanan ini adalah 1 sampai 2 bulan. Pilihan tenor tersebut pun umumnya digandeng dengan tingkat bunga yang minim, bahkan 0 persen sekalipun.

Tapi, jika ingin memilih tenor yang lebih luwes agar beban cicilan lebih terjangkau, tidak sedikit layanan paylater yang menyediakan pilihan tenor 12 bulan, bahkan hingga 24 bulan. Meski begitu, pahami jika semakin lama tenor pelunasan cicilan yang dipilih, tingkat bunga yang dibebankan biasanya akan menjadi lebih tinggi. Dengan kata lain, usahakan untuk memilih tenor yang paling optimal agar layanan ini mampu memberikan manfaatnya secara maksimal.

Menjadi Opsi Pengganti Kartu Kredit
Fitur paylater juga bisa menjadi pilihan untuk menggantikan layanan kartu kredit. Selain proses pengajuannya yang begitu mudah, layanan ini memberikan manfaat serupa kartu kredit dan bisa digunakan di hampir semua platform e-commerce maupun toko offline. Jadi, ketika sewaktu-waktu muncul pengeluaran mendesak, kamu bisa menggunakan fitur paylater untuk menyiasatinya.

Paylater juga bisa dijadikan sebagai pengganti uang tunai ketika berbelanja. Cukup dengan membawa smartphone yang terkoneksi dengan internet, opsi pembayaran digital ini bisa langsung digunakan. Risiko untuk kehilangan uang tunai maupun menjadi korban pencurian pun bisa diminimalkan.

Bisa Dijangkau Semua Kalangan Masyarakat
Keuntungan yang terakhir dari fitur paylater adalah layanan ini tersedia untuk digunakan oleh hampir semua kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan syarat dan proses pengajuan fitur ini sangat mudah, hanya membutuhkan data diri dan KTP saja. Proses verifikasi pun bisa dilakukan dalam hitungan menit saja dan layanan bayar nanti bisa langsung digunakan untuk berbelanja.

Namun, perlu dicatat jika kamu tetap perlu bersikap bijak dalam menggunakan layanan ini dan menyesuaikan dengan kondisi keuangan. Pasalnya, tagihan paylater masih harus dilunasi sesuai deadline yang dipilih tepat waktu agar terhindar dari risiko terkena denda keterlambatan.

Keunggulan Paylater Bisa Menjadi Bumerang bagi Finansial saat Tak Bijak Digunakan
Meski menawarkan sederet keuntungan di atas, penggunaan fitur paylater wajib dibarengi dengan kesadaran untuk bersikap bijak dan bertanggung jawab. Alasannya karena kemudahan yang ditawarkan layanan ini berisiko memicu sikap konsumtif ketika berbelanja dan membengkakkan pengeluaran yang membahayakan keuangan. Karena itu, tetap batasi penggunaan paylater dan manfaatkan sesuai kebutuhan saja.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024