Jakarta (ANTARA) - Festival industri kreatif tahunan Evoria M Bloc Fest 2024 akan digelar di M Bloc Space, Jakarta Selatan pada 27 September - 6 Oktober 2024 yang menampilkan subkultur musik, seni, desain, film dan fashion di dalam satu kawasan.
 
“Memasuki tahun ketiganya, M Bloc Fest bersama Evoria Explor Aja semakin memantapkan posisinya sebagai festival industri kreatif nasional yang terbuka bagi para pendatang baru dari berbagai skena kreatif," kata salah satu pendiri dan Direktur Program M Bloc Fest Wendi Putranto, dikutip dari keterangan resminya di Jakarta, Jumat.
 
Evoria M Bloc Fest 2024 merupakan payung bagi beberapa festival dengan ragam kegiatan, pertunjukan serta pameran yang diramaikan para talenta teranyar hingga kawakan. Mulai dari M Bloc Design Week (MBDW) (27 September – 6 Oktober 2024), M Bloc Music Festival (27, 28, 29 September 2024), X Short, X Fashion, dan X OpenLab (27, 28, 29 September 2024).

Baca juga: Jakarta Music Con siap digelar Juli 2024 di M Bloc Space Jakarta
 
Ada enam tempat yang akan menjadi lokasi penyelenggaraan M Bloc Fest 2024, yaitu M Bloc Live House, Creative Hall, Mini Gallery, Bloc Bar, LRS Stage hingga M Bloc Market.
 
Menariknya, proses kurasi, penemuan talenta, serta karya-karya baru di M Bloc Fest tahun ini sudah berjalan sejak awal tahun melalui ajang Evoria Festival 2024 yang digelar pada 26 Mei hingga 2 Juni lalu di M Bloc Space.
 
Selain pertunjukan musik dan fesyen, ada pula inkubasi musik, film, fesyen, art & design dalam format lokakarya, temuwicara, hingga konsultasi karya bersama para profesional di bidang masing-masing. Jumlah artis musik yang ikut mendaftar pada ajang Evoria tahun ini tercatat sebanyak 907 musisi/band dari berbagai kota di Indonesia.

Baca juga: Peruri fasilitasi bazar produk kerajinan lokal di M Bloc Space
 
"Kami yakin kehadiran Evoria M Bloc Fest 2024 dapat memperkuat jejak kreativitas anak bangsa dalam mengeksplorasi karya yang hadir dalam sebuah format festival keren di Indonesia," kata Edric Chandra selaku Program Initiator Evoria Movement.
 
Berikut jadwal rangkaian acara M Bloc Fest 2024.
 
1. Evoria M Bloc Music Festival (MBMF) digelar selama tiga hari mulai tanggal 27 - 29 September 2024. Mata acara tersebut menghadirkan deretan musisi penampil, antara lain Axel Gulla, Voice of Baceprot (VOB), Adhitia Sofyan, Endah N Rhesa, Ghea Indrawari, dan Tuantigabelas x Yacko.

Tiket MBMF 2024 sudah dapat dipesan sekarang, yaitu 1 Day Pass sebesar Rp100 ribu dan 3 Day Pass sebesar Rp200 ribu melalui aplikasi GOERS.

Baca juga: PosIND perkenalkan Pos Bloc Surabaya sebagai ruang kreatif publik
 
2. M Bloc Design Week (MBDW), yaitu pameran lintas disiplin desain dari desain produk, arsitektur, fesyen, desain grafis, dan desain interior. Lebih dari 20 peserta/kolaborator/studio akan ikut serta memamerkan hasil karya mereka di sana.
MBDW 2024 mengusung tema “Daur Rupa – Sustainable Design” dengan ragam program, antara lain pameran, lokakarya, temu wicara, dan tur telusur kota mulai 27 September hingga 6 Oktober 2024 di area Creative Hall, M Bloc Space.
 
3. M Bloc Experience hadirkan XFashion, XShort, dan XOpenLab sebagai open innovation lab untuk terminal ide, wadah pengetahuan, dan sumber informasi bagi para pelaku industri kreatif agar mampu memantik serta menginisiasi keterlibatan seluruh elemen industri kreatif di Indonesia.
 
Program inkubasi tersebut memadukan kreativitas dengan mentoring dari para ahli di industri kreatif. Mata acara tersebut juga akan menghadirkan sejumlah pembicara dari seniman ternama, antara lain Ryan Geraldin, Anindito Wisnu, Alain Gunawan, Rifqi Zarkasih, Faza Meonk, dan lainnya.
 
Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi laman Instagram resmi mereka di @evoria.id dan @mblocfest.

Baca juga: Pameran "Jakarta Provoke!" bukti kehadiran pemerintah lestarikan seni

Baca juga: Acara akhir pekan di Jakarta mulai pameran seni Italia hingga rempah
 
 

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024