Jakarta (ANTARA) - Apple Intelligence makin mendekatkan eksistensinya kepada para pengguna gawai Apple dengan hadir lewat iOS 18.1 beta untuk publik.

Versi iOS 18.1 beta untuk publik ini saat ini hanya tersedia untuk pengguna iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max dan apabila pengguna memasangnya maka Apple Intelligence sudah ada di genggaman.

Meski demikian, laporan Engadget pada Jumat menyarankan agar bagi pengguna yang penasaran dengan Apple Intelligence dan berniat memasang iOS 18.1 versi beta publik ada baiknya mencadangkan data-datanya terlebih dahulu baik ke komputer atau iCloud-nya.

Baca juga: Apple Intelligence tak akan berbayar hingga 2027

Karena meski versi beta dari iOS 18.1 publik yang membawa Apple Intelligence mungkin sudah cukup baik dibandingkan dengan aplikasi beta untuk para pengembang, namun tetap saja ada kekhawatiran risiko dari aplikasi pengujian tersebut.

Untuk saat ini, pengguna harus menyetel bahasa perangkat dan Siri ke Bahasa Inggris AS untuk mengakses alat Apple Intelligence.

Jika pengguna ingin menggunakan Apple Intelligence dalam bahasa selain Bahasa Inggris (atau dalam versi Bahasa Inggris yang dilokalkan), maka ia mungkin harus menunggu setidaknya hingga Desember untuk versi sistem operasi yang stabil.

Baca juga: Apple pastikan integrasi iOS 18 dan ChatGPT berlangsung akhir 2024

Saat ini fitur Apple Intelligence yang tersedia mencakup kemampuan mentranskripsikan panggilan telepon (dan catatan audio di aplikasi Notes) dan mendapatkan ringkasan dari data audio tersebut.

Lalu ada juga kemampuan penulisan mencakup menulis ulang teks, mengoreksi, dan meringkas.

Selanjutnya menyaring daftar prioritas email dan memberikan balasan cerdas, memberikan ringkasan notifikasi, dan fitur pembersihan foto juga ada dalam daftar.

Baca juga: Apple Intelligence hadir di iOS 18.1 beta, kenalkan fitur transkripsi

Pengguna juga dapat menciptakan kenangan di aplikasi Foto yang diperbarui dan melihat inkarnasi pertama Siri yang didesain ulang dengan tampilan glowing-nya.

Pengguna harus menunggu lebih lama untuk fitur-fitur tertentu lainnya, termasuk integrasi ChatGPT, Genmoji, Image Playground yaitu pembuatan gambar, dan kemampuan Siri untuk lebih memahami konteks pribadi. Apple akan meluncurkannya dalam beberapa bulan mendatang.

Bagi anda yang penasaran untuk mendapatkan beta iOS 18.1 caranya cukup mudah di iPhone buka Settings/Setelan lalu pergi ke pilihan General/Umum, pilih lagi Software Update/Pembaruan Perangkat Lunak dan selanjutnya pilih simbol untuk menuju Beta Updates/Pembaruan Beta untuk mendapatkan iOS 18.1.

Baca juga: Apple disebut latih Apple Intelligence gunakan video YouTube

Sebelum beta publik iOS 18.1 terpasang, pengguna mungkin harus mengosongkan sebagian memorinya untuk menginstal operasi sistem baru ini.

Adapun untuk mengaktifkan Apple Intelligence setelah iOS 18.1 beta publik terpasang, pilih Settings/Setelan, lalu pilih Apple Intelligence & Siri, lalu pilih Join in the Apple Intelligence waitlist/Bergabunglah dengan daftar tunggu Apple Intelligence.

Baca juga: Apple kembangkan gawai "smart home" didukung Apple Intelligence

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024