Medan (ANTARA) - Perenang muda DKI Jakarta Adelia Chantika Aulia tampil mengesankan dalam debutnya di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara dengan membawa pulang empat medali emas.

Perenang 13 tahun itu menutup penampilannya di pesta olahraga empat tahunan di Kolam Renang Selayang, Medan, Sumatera Utara, Kamis, dengan menjadi yang terbaik di nomor 50 meter gaya bebas putri.

Adelia Chantika mencatatkan waktu 26,53 detik, mengalahkan Philomena Balinda Arkananta (Jawa Barat) di urutan kedua dengan 26,69 detik dan Serenna Karmelita Muslim (DKI Jakarta) di urutan ketiga dengan 26,84 detik.

Kemenangan ini membuat Adelia sukses mengantongi empat medali emas pada PON 2024.

Sebelumnya, Adelia juga meraih prestasi serupa di nomor 200 meter gaya punggung dengan 2 menit 16,77 detik. Catatan waktu tersebut memecahkan rekor PON milik Nurul Fajar Fitriyati di PON 2021 Papua dengan 2 menit 19,78 detik.

Lalu meraih emas di nomor 100 meter gaya bebas putri dengan catatan waktu 57,72 detik dan 100 meter gaya punggung dengan membukukuan 1 menit 04,07 detik yang menjadi rekor baru PON, menggeser 1 menit 04,68 detik milik Flairene Candrea yang sebelumnya ditorehkan saat sesi kualifikasi di PON 2024.

Pelatih renang DKI Jakarta, Felix Christiadi Sutanto, mengaku tak menyangka Adelia bisa tampil mengesankan dalam penampilan perdananya di pesta olahraga terbesar di Tanah Air tersebut.

"Chantika memang baru muncul tahun ini. Karena itu, kami tidak membebani dengan target. Namun dia mampu memberikan kontribusi yang sangat signifikan untuk DKI Jakarta,” ujar Felix.
Baca juga: PB Akuatik Indonesia: Perenang muda bertalenta bermunculan di PON 2024
Baca juga: Adelia Chantika kembali sumbang emas renang untuk DKI Jakarta
Baca juga: Dalam sehari, Adelia Chantika raih dua emas dan pecahkan rekor PON

 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024