Medan, Sumatera Utara (ANTARA) - Musisi asli Sumatera Utara (Sumut) Viky Sianipar dan grup musik Melayu Lebah Begantong akan berkolaborasi mengguncang panggung penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumut 2024 di Stadion Utama Sumut Sport Center, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (20/9).

Vokalis Lebah Begantong Nazibulloh Lubis mengungkapkan rencananya grup musiknya akan tampil dalam dua sesi, yakni pada sore hari pukul 16.00 WIB dengan durasi satu jam dan malam hari pukul 21.00 WIB. Pada malam hari, barulah Lebah Begantong akan berkolaborasi dengan Viky Sianipar dan semua artis yang hadir.

"Garapan musik Viky Sianipar tidak diragukan lagi. Mudah-mudahan kami bisa menghibur para tamu undangan, termasuk Bapak Presiden RI yang dijadwalkan hadir,” kata Nazib di Medan, Sumatera Utara, Kamis.

Ia menyebutkan salah satu lagu yang nantinya akan mereka bawakan, yakni "Ikan Dalam Kolam". Di tangan Viky Sianipar, menurut dia, irama Melayu yang dominan dalam lagu tersebut akan mendapatkan sentuhan lain yang membuatnya jadi lebih progresif.

Lagu lainnya yang akan dibawakan, sambung dia, yaitu "Tanjung Katung", yang bakal disajikan berselang-seling dengan pantun.

Nazib menuturkan pada acara penutupan nantinya, mereka akan mengenakan kostum panggung khusus berupa songket Melayu bernuansa hijau dan kuning keemasan seirama dengan warna logo PON dan ciri khas Tanah Deli Kota Medan.

Dia pun mengaku bangga karena diberi kesempatan untuk terlibat dalam penutupan PON XXI 2024 lantaran selain karena PON merupakan perhelatan nasional bergengsi, pada penutupan nanti grup musiknya akan tampil di hadapan puluhan ribu penonton dan sejumlah tokoh penting dan pejabat negara, termasuk Presiden RI Joko Widodo.

"Pendek kata, kami siap mengguncang panggung upacara penutupan PON XXI 2024," ucap dia menambahkan.

Tak hanya akan dimeriahkan oleh Viky Sianipar dan Lebah Begantong, terdapat pula hiburan dari 1.200 penari yang akan membawakan tarian multietnis mewakili delapan suku di Sumut, hingga penampilan dari sejumlah artis lokal maupun nasional lainnya.

PON Aceh-Sumut 2024 diselenggarakan pada 8-20 September, namun sejumlah pertandingan sudah digelar sejak akhir Agustus. Sebanyak 65 cabang olahraga akan dipertandingkan dalam perhelatan di dua wilayah tersebut, yang diisi mulai dari cabang olahraga tradisional hingga modern.

Pembukaan PON XXI 2024 telah berlangsung pada Senin (9/9) di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Sementara itu, acara penutupan akan dilaksanakan pada Jumat (20/9) di Stadion Utama Sport Center Sumut, yang dijadwalkan akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Adapun PON Aceh-Sumut 2024 menjadi edisi terbesar dalam sejarah karena melibatkan hampir 13.000 atlet dan 6.000 lebih ofisial. Selain itu, PON kali ini juga menjadi yang pertama dilaksanakan di dua provinsi sebagai tuan rumah.
Baca juga: Ketum KONI sebut PON XXI Aceh-Sumut ditutup Menko PMK
Baca juga: 1.123 personel gabungan diturunkan jaga penutupan PON
Baca juga: PB PON Sumut sediakan loket tiket gratis menonton penutupan PON

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024