Gempa tersebut juga dideteksi di Mandailing Natal dan Nias Selatan Sumatera Utara yang berjarak 99 kilometer arah Timur Laut dari pusat gempa
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gempa 5,3 magnitudo mengguncang Kota Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Kamis malam pukul 23.14 WIB.

Dalam peringatan dini yang diekspose melalui sistem aplikasi infoBMKG di Jakarta, Kamis, melaporkan pusat gempa tersebut terletak di laut pada kedalaman 93 kilometer dengan koordinat 0.80 LU,98.68 BT atau berjarak 91 kilometer dari arah Barat Daya Padang Sidempuan.

Gempa tersebut juga dideteksi di Mandailing Natal dan Nias Selatan Sumatera Utara yang berjarak 99 kilometer arah Timur Laut dari pusat gempa.

Berdasarkan analisa sementara seismologis BMKG gempa tersebut dipastikan tidak berpotensi tsunami.

Namun, masyarakat diimbau waspada dan tetap tenang serta tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya sampai hasil analisa peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisa tersebut biasa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Baca juga: BNPB: Gempa bumi melanda Garut bukan Sesar Garsela tapi sesar baru
Baca juga: BMKG: Gempa Morotai akibat aktivitas subduksi lempeng laut Pasifik
Baca juga: Puluhan rumah di Morotai rusak akibat gempa bumi 5,6 Magnitudo


Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024