Medan (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara mengintensifkan patroli malam menjelang penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

"Patroli ini dibantu satu peleton personel Brimob dan satu peleton personel Direktorat Samapta Polda Sumatera Utara," ujar Kepala Polres Pelabuhan Belawan AKBP Janton Silaban di Medan, Kamis.

Janton mengatakan patroli tersebut bertujuan untuk mengantisipasi kejahatan jalanan seperti, pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), aktivitas geng motor, dan tawuran.

Lebih lanjut, agar wilayah hukumnya tetap kondusif, sehingga perhelatan besar acara nasional tersebut berlangsung dengan aman dan lancar sampai penutupan.

"Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan, terutama selama berlangsungnya perhelatan PON. Setiap aksi kejahatan jalanan akan ditindak tegas tanpa pandang bulu," tegas Kapolres.

Janton menambahkan pihaknya akan terus meningkatkan patroli hingga situasi benar-benar aman dan terkendali.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar turut serta menjaga keamanan lingkungan sekitar, serta segera melapor jika melihat atau mengetahui adanya aktivitas yang mencurigakan," ujar dia.

Sebelumnya, Kepala Polda Sumatera Utara Irjen Pol Wishnu Hermawan Februanto mengatakan pihaknya menerjunkan mobil patroli presisi di Kota Medan sebagai etalase wilayah Sumut untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Selain itu, kata dia, dalam memaksimalkan pengamanan di Medan, Satuan Brimob Polda Sumut melakukan patroli secara intensif di sejumlah titik rawan kejahatan dan gangguan kamtibmas di wilayah tersebut.

"Patroli ini bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat serta mencegah terjadinya tindak kriminalitas," kata Kapolda.

Brimob Polda Sumut, kata Wishnu, akan terus melaksanakan patroli serupa di berbagai wilayah untuk mendukung Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Medan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.
Baca juga: Polda Sumut libatkan 152 personel gabungan amankan final voli PON XXI
Baca juga: Polda Sumut rekayasa lalu lintas di Stadion Utama saat upacara penutupan
Baca juga: Polda Sumut tangkap 12 anggota geng motor di Kota Medan

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024