Banda Aceh (ANTARA) - Bhirawa Sensei Shoji Arai dari Jepang memuji pelaksanaan pertandingan cabor Kempo di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara yang berlangsung di GOR KONI Aceh, 17-20 September 2024.

Shoji Arai, Kamis, di Banda Aceh, mengaku tertarik datang ke Indonesia untuk melihat pertandingan Kempo event olahraga terbesar di Indonesia ini.

"Kempo ada di 40 negara dan terbesar adalah Jepang dan Indonesia. Indonesia saya lihat sangat berbakat, tentu bisa menyumbang prestasi yang akan datang," Shoji Arai.

Sensei Shoji juga mengaku takjub ketika melihat pembukaan pertandingan Cabor Shorinji Kempo PON XXI Aceh-Sumut 2024 pada Selasa (17/9) lalu.

"Pembukaan PON baru saja, saya sungguh menyaksikan bahwa Indonesia menyelenggarakannya sangat bagus. Perkemi pasti siap menyelenggarakan pertandingan dunia di Bali akan datang," ujarnya.

Sementara itu, pendiri Shorinji Kempo untuk Indonesia, Indra Kartasasmita mengatakan, kedatangan Sensei asli dari Jepang pada perhelatan pertandingan PON XXI Aceh-Sumut ini.

"Kalau melihat ked epan kita akan hebat, saudara Arai sensei ini jauh junior saya. Beliau sayang dengan Indonesia dan mendukung apa yang kita lakukan. Itu poin beruntung kita," kata Indra.

Dirinya menuturkan, kemajuan Shorinji Kempo di Indonesia cukup pesat, terlihat dari ketertarikan dan kedatangan Sensei Shoji Arai di PON XXI Aceh-Sumut untuk melihat pertandingan secara langsung.

"Harapan saya, Shorinji Kempo dapat berkembang terkendali, kalau berkembang awur-awuran (tidak tertata) jadi bajingan nanti," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum Perkemi, Laksdya TNI (Purn) Dr Agus Setiadji berharap, pertandingan Shorinji Kempo ini harus selalu menekankan semangat persaudaraan sesama Kenshi saat bertanding nantinya.

Pertandingan ini tidak hanya sekedar kemenangan winning. Tetapi juga karakter dan jiwa bushido yang harus dijaga, kemenangan tidak berarti jika dilakukan dengan hal tidak ksatria.

"Dan ini lah yang menjadi karakter kenshi-kenshi Shorinji Kempo, dan kami agak berbeda dengan bela diri yang lain, kita mempunyai karakter ksatria dan jiwa tanah air," demikian Dr Agus Setiadji.
Baca juga: Tuan rumah Aceh kantongi dua medali emas kempo dari randori perorangan
Baca juga: Rini Kurniati pertahankan emas kempo untuk NTB di PON Aceh-Sumut
Baca juga: Kempo - Kenshi putri Jawa Timur tersisih perdana di PON Aceh-Sumut

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024