Makassar (ANTARA) - Wakil Ketua Umum DPP PKB M Hanif Dhakiri memberikan pembekalan sikap kepemimpinan kepada para anggota DPRD terpilih yang mayoritas berusia muda menghadiri Sekolah Pemimpin Perubahan (SPP) zona VII di Batulapisi, Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

"Jadi anak muda ini tidak bisa lagi disebut sebagai pemimpin masa depan, mereka harus menjadi pemimpin sekarang," kata Hanif dalam pemaparannya kepada peserta SPP di Malino, Kabupaten Gowa, Kamis.

Baca juga: PKB gelar Sespim Perubahan Wilayah VII untuk bekali caleg terpilih

Menurut Hanif selaku Kepala Sekolah SPP tersebut, pemuda kini bagian dari respon PKB terhadap perubahan demokrasi di Indonesia , mengingat populasi kaum muda semakin hari semakin mendominasi di semua lini

Dari data pada Pemilu 2024, populasi anak muda tercatat sekitar 53 persen dan pada 2029 diperkirakan naik menjadi 67 persen, sehingga sudah saatnya anak muda memimpin bangsa ini.

"Tentu kita harapkan apa yang dilakukan DPP PKB menjadi inspirasi baik di DPW maupun DPC PKB agar memberikan ruang lebih besar kepada anak muda, bukan hanya sekedar terlibat terhadap partai, tetapi memimpin politik di dalam PKB," papar mantan Menteri Ketenagakerjaan ini. .

Selain itu, kata dia, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar akan membuka karpet merah kepada anak muda untuk dapat tampil memimpin partai dan mengimplementasikan program-programnya di masa mendatang.

Baca juga: Soal ketua harian, Jazilul: PKB ingin beri anak muda kewenangan tinggi

Ketua DPW PKB Sulsel Azhar Arsyad pada kesempatan itu menyampaikan agenda SPP Zona VII sempat tertunda beberapa kali dan setelah Muktamar di Bali baru terselenggara. Selain itu, dihadirkan pula tujuh politisi muda berusia 21-29 kini menjabat di tingkat DPP PKB.

"Saya berterima kasih tujuh anak muda ditunjuk Ketum hadir. Bukan hanya bekerja mengantisipasi perubahan tapi juga menunjukkan kita adalah partai terbuka. Sebab, setelah Muktamar PKB ada tag line go public, anak muda diberi peran dan ruang tanpa meninggalkan tradisi," ucap Azhar.

Selain itu, kata Arsyad, pesan Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar telah menyiapkan PKB menjadi partai papan atas. Langkahnya ini mengangkat anak muda yang visioner dan diharapkan di tingkat DPW dan DPC mengikuti langkah itu.

"Saya melihat DPP menyiapkan PKB menjadi partai papan atas, segala macam upaya digenjot. Kita di sini para legislatif suka tidak suka menjadi penggerak dalam membaca tanda-tanda jaman, menjadi bagian faktor kepemimpinan Indonesia," tuturnya menekankan.

Sebelumnya, DPW PKB Sulsel ditunjuk sebagai tuan rumah SPP Wilayah VII meliputi Provisi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah dan Papua dengan total peserta sebanyak 298 orang anggota DPRD terpilih.

Baca juga: Pakar nilai anak muda jadi Ketua Harian DPP PKB bentuk peduli gen Z
Baca juga: Cak Imin umumkan susunan Ketua Harian DPP PKB 2024-2029

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024