Jakarta (ANTARA) - Partai Kebangkitan Bangsa menggelar Sekolah Pemimpin (Sespim) Perubahan Wilayah VII di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mulai 19-21 September 2024 guna membekali calon anggota legislatif terpilih DPRD Kabupaten/Kota hingga DPR RI.

Berdasarkan keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis, kegiatan Sespim Perubahan Wilayah VII itu diselenggarakan agar para caleg terpilih memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik untuk menjadi legislator yang efektif. Adapun acara tersebut dibuka oleh Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat PKB Hanif Dhakiri, dan diikuti oleh 298 peserta.

Baca juga: Soal ketua harian, Jazilul: PKB ingin beri anak muda kewenangan tinggi

Hanif menegaskan bahwa Sespim Perubahan wajib diikuti oleh semua caleg terpilih dari berbagai tingkatan. Bahkan, kata dia, jika ada peserta yang tidak mengikuti pematerian secara penuh,maka bisa tidak lulus dan ditindak tegas oleh DPP PKB.

“Wajib bagi semua calon anggota legislatif terpilih, dan wajib lulus. Kalau tidak lulus, mereka harus mengulang di tempat lain,” kata Hanif.

Dia juga menyampaikan bahwa Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin akan memberikan materi pada hari kedua pelaksanaan Sespim Perubahan Wilayah VII, sedangkan Sekretaris Jenderal DPP PKB Hassanudin Wahid diagendakan menutup acara tersebut.

Pada kesempatan itu, Hanif turut memperkenalkan pengurus harian DPP PKB yang diisi oleh anak muda dengan rata-rata berusia 20-an tahun.

Baca juga: Cak Imin umumkan susunan Ketua Harian DPP PKB 2024-2029

Mulai dari Ketua Harian yang dijabat oleh Ais Shafiyah Asfar, Wakil Ketua Harian yang dijabat oleh Najmi Mumtaza, Rizal Ilham Pratama, Gielbran Muhammad Noor, Nadia Alfi Roihanq, Lukman Maulana, dan Muhammad Aji Pratama.

“Apa yang diharapkan dari anak muda menjadi ketua harian dari DPP PKB?. Ya tentu ini bagian dari respons PKB terhadap perubahan. Bonus demografi di Indonesia, populasi anak muda semakin hari semakin dominan,” ujarnya.

Menurut dia, langkah tersebut merupakan bentuk PKB memberikan karpet merah kepada anak muda untuk bisa tampil, dan langsung memimpin partainya dengan mengimplementasikan sejumlah program DPP.

Baca juga: Pakar nilai anak muda jadi Ketua Harian DPP PKB bentuk peduli gen Z
Baca juga: Cak Imin sebut PKB sama sekali tak pernah terpikir soal kabinet

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024