Jakarta (ANTARA) - Bank Sinarmas meraih dua penghargaan Indonesia Technology Excellence Awards 2024 for Mobile-Banking for SimobiPlus Revamp dan Indonesia Technology Excellence Award for Automation- Banking for MSME Loan Origination System dalam Indonesia Technology Excellence Awards 2024 di Thailand, Bangkok.

Kedua penghargaan tersebut didapat atas keberhasilan pengembangan aplikasi mobile banking SimobiPlus, serta peluncuran Sistem Originasi Pinjaman Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan otomatisasi proses bisnis end-to-end untuk originasi pinjaman, penilaian kredit, penjaminan, dan persetujuan pinjaman.

“Inovasi yang dilakukan pada aplikasi mobile banking SimobiPlus tersebut sebagai wujud menjaga kepercayaan nasabah dan sebagai upaya untuk terus melakukan peningkatan kualitas aplikasi. Pengembangan pada aplikasi SimobiPlus sebelumnya telah mencakup beberapa pengembangan lainnya, seperti pembukaan rekening online, transaksi QRIS, pembayaran tagihan, dan manajemen aset,” ujar Direktur Utama Bank Sinarmas Frenky Tirtowijoyo dalam keterangan resmi, Jakarta, Kamis.

Dengan inisiatif pengembangan tersebut, Bank Sinarmas disebut berhasil meningkatkan volume total transaksi dan nilai total transaksi masing-masing sebesar 15 persen dan 51 persen pada April 2024.

“Seiring dengan kemajuan dalam pembaruan SimobiPlus tersebut, pencapaian kami hingga saat ini menunjukkan bahwa kami terus berusaha memberikan produk dan layanan terbaik bagi para nasabah,” ucap Direktur IT & Digital Experience Bank Sinarmas Sendy.

Pengembangan pada Sistem Originasi Pinjaman UMKM dirancang untuk memungkinkan Bank Sinarmas melakukan otomatisasi proses akuisisi kredit. Mulai dari input data prospek melalui aplikasi mobile, proses penilaian pinjaman, penilaian risiko otomatis hingga otomatisasi alur kerja persetujuan untuk menyetujui atau menolak aplikasi pinjaman UMKM.

Lebih lanjut, pengembangan ini merupakan kombinasi antara aplikasi seluler dan aplikasi berbasis web yang memanfaatkan pendekatan alur kerja yang dirancang khusus untuk mendukung pemrosesan aplikasi kredit sesuai keperluan bank.

Sistem ini digunakan untuk memasukkan data prospek dan melakukan otomatisasi proses penyaringan, mencakup integrasi dengan sistem pihak ketiga dan penyedia data, serta dilengkapi dengan mesin penilaian kredit dan risiko otomatis yang memberikan kemampuan untuk melakukan proses analisis kredit secara otomatis.

“Dengan penerapan sistem otomatisasi ini, Bank Sinarmas telah berhasil mengurangi biaya dan proses manual sebesar 90 persen. Selain itu bank, telah meningkatkan akurasi keputusan pinjaman melalui penilaian kredit otomatis dan mengurangi SLA (Service Level Agreement) untuk kecepatan pemrosesan pinjaman sebesar 75 persen,” ungkap dia.
Baca juga: Jadi Bank RDN, Sinarmas komitmen tingkatkan investor pasar modal
Baca juga: Bank Sinarmas kembangkan layanan prioritas digital via mobile banking
Baca juga: Bank Sinarmas perkuat layanan digital dengan asisten virtual


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024