Medan (ANTARA) - Technical Delegate (TD) cabang olahraga esport Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024, Stanley Tjia, menyebutkan seluruh pertandingan esport di Medan International Convention Center (MICC) berjalan sukses walau ada kendala minor.

"Acara esport di PON XXI ini Alhamdulillah lumayan lancar tidak ada gangguan koneksi, namun kita akan tetap terus mengevaluasi agar lebih baik karena ada sejumlah kendala minor," katanya saat ditemui di MICC, Kamis.

Stanley menjelaskan kendala minor tersebut salah satunya kapasitas gedung yang kurang mencukupi, ini akan menjadi salah satu bahan evaluasi.

"Terutama untuk ketersediaan tempat buat penonton ya, karena sempat membludak, sempat dorong-dorongan dengan pihak keamanan mungkin kita akan memilih ruangan yang lebih besar untuk PON berikutnya, " ucapnya.

Selain itu menurut Stanley kendala minor lainnya adalah faktor cuaca, dia sempat menyebut ada bagian gedung yang bocor namun itu juga segera bisa diatasi.

"Kemudian kendala lainnya sempat bocor kemarin karena faktor alam ya hujan kita sudah pake pawang ada beberapa titik yang mengalami kebocoron namun untungnya tidak mengenai panel listrik dan beberapa perlengkapan tanding juga segera di evakuasi, " katanya.

Stanley juga menyebut tidak kendala besar yang biasanya terjadi di turnamen esport seperti pasokan listrik, konsol gim ataupun koneksi internet semua berjalan lancar.

Sementara itu terkait kiprah cabang esport di PON berikutnya, Stanley berharap tetap akan menjadi cabang olahraga yang diikutsertakan bahkan menambah nomor game esport lainnya.

"Harapan kami nomor-nomor yang telah dipertandingkan pada PON kali ini tetap akan dilanjutkan di PON berikutnya, bahkan dua nomor yang saat ini masih eksibisi akan masuk resmi dalam penghitungan medali, " katanya.

Cabang Esport sendiri telah berlangsung sejak 13 - 19 September 2024 yang diselenggarakan di Medan International Convention Center (MICC).

Terdapat lima nomor yang dipertandingkan yakni Mobile Legend Bang Bang (MLBB), Garena Free Fire, PUBG Mobile, Lokapala, dan eFootball, kemudian ada dua nomor eksibisi yaitu gim Battle of Guardians (BoG) dan gim Honor of Kings (HOK).

Baca juga: Wamenparekraf: Esport bagian penting dari industri game Indonesia

Baca juga: Esport - Jakarta raih emas di nomor Lokapala usai kalahkan Jawa Tengah

Baca juga: Esport - Jakarta buka peluang raih emas dalam nomor Lokapala

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024