Jakarta (ANTARA) - Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Muhammad Sirajuddin Syamsuddin atau Din Syamsuddin menyatakan dukungan kepada bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim.

“Penerimaan ini sudah menunjukkan dukungan. Tidak aneh kalau tokoh Muhammadiyah mendukung kader NU (Nahdlatul Ulama),” kata Din Syamsuddin saat menerima Luluk-Lukmanul di kediamannya, kawasan Cilandak, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Luluk sebut ingin tunjukkan perbedaan kepemimpinan perempuan di Jatim

Ia menjelaskan bahwa pemberian dukungan dilakukan karena Luluk-Lukmanul merupakan tokoh muda sekaligus kader NU yang dinilai memiliki visi yang jelas, komprehensif, dan membumi.

Selain itu, dia mengatakan bahwa wilayah-wilayah Indonesia, termasuk Jatim, memerlukan penyegaran kepemimpinan untuk rakyat, baik melalui visi maupun pemikiran.

“Dan lebih khusus lagi, saya meyakini pasangan Luluk-Lukmanul ini memiliki potensi untuk menjadi pemimpin yang melayani. Inilah yang diharapkan oleh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Oleh sebab itu, dia berpesan kepada Luluk-Lukmanul untuk dapat menjadi pemimpin Jatim tanpa memandang latar belakang partai, organisasi, atau golongan tertentu masyarakatnya.

“Dan jangan sekali-kali terlibat dalam korupsi, pelanggaran hukum negara, apalagi hukum agama. Jadilah pemegang amanah rakyat Jawa Timur,” katanya mengingatkan.

Baca juga: Tiga srikandi akan beradu gagasan untuk membangun Jawa Timur

Sementara itu, bakal calon Gubernur Jatim Luluk mengaku senang dan bangga karena mendapatkan dukungan dari Din Syamsuddin, sehingga menjadi energi untuk dirinya dan Lukmanul.

“Beliau dengan segala ketokohannya dan rekam jejaknya, adalah mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, tokoh nasional, dan juga punya jejaring yang sangat luas di dunia internasional,” kata Luluk usai mendapat dukungan tersebut.

Terkait pesan dari Din Syamsuddin agar selalu amanah, dia mengatakan bahwa perkataan tersebut menjadi harapan semua pihak.

“Itu artinya adalah harapan kita semua bahwa prinsip-prinsip pemerintahan yang menjaga integritas, etika, dan kemudian juga semangat antikorupsi itu sudah menjadi kebutuhan kita sebagai sebuah provinsi yang ingin maju atau makmur,” ujarnya.

Selain Din Syamsuddin, Partai Pelita juga menyatakan memberikan dukungan untuk pasangan Luluk-Lukmanul dalam kontestasi Pilkada Jatim 2024.

Baca juga: Profil Luluk, calon gubernur Jawa Timur Pilkada 2024 yang diusung PKB
Baca juga: Profil Lukmanul Khakim, cawagub Jawa Timur yang diusung PKB

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024